BMW Bikin Cafe Racer dengan Mesin Langka

LAZONE.ID - Proyek ini jadi salah satu proyek rahasia milik BMW.

Bukan cuma dunia fashion atau musik, ternyata dunia modifikasi motor juga penuh dengan kolaborasi. Beberapa kolaborasi bahkan bisa menghasilkan sebuah karya yang unik dan gak kayak modifikasi pada umumnya.

Salah satunya adalah motor ini, Bro.

Zon BMW R18 Departed adalah hasil kerjasama antara pabrikan raksasa asal Jerman tersebut dengan builder motor terkenal asal Jepang, Custom Work Zon.

Proyek yang dilakukan ini bersifat rahasia sehingga BMW harus mengundang Custom Work Zon ke Perancis sebelum mengunjungi markas besar mereka di Jerman.

Jadi, BMW memberikan sebuah mesin bertipe Boxer yang langka kepada Custom Work Zon buat dikerjakan dan dibangun jadi sebuah motor. Gak nanggung-nanggung Bro mesin yang satu ini kapasitasnya 1800cc!

Mereka bahkan membangun motor ini dari nol, dan menggunakan garis desain BMW R18 Concept sebagai acuannya. Pengerjaan body-nya dimulai dengan bikin rangka yang seolah menggenggam mesin monster tersebut dari bagian atas. 

Salah satu yang paling menonjol dari motor ini adalah desain kedua rodanya yang sangat besar. Kedua roda berukuran 22 inch ini adalah hasil desain Yuichi dari Custom Works Zon sendiri. Meskipun didesain olehnya, pengerjaan bagian roda ini dibantu oleh Satsuma Cycle Works untuk bahan aluminium yang dipakainya.

Selain itu, bagian yang benar-benar mereka desain dan kerjakan sendiri adalah knalpot bergaya 2-into-2 berbahan stainless steel.

Saking rahasianya, Yoichi gak mau ngasih informasi apapun tentang mesin pemberian dari BMW Motorrad ini. Tentu aja hal tersebut bikin banyak orang penasaran dengan seberapa besar tenaga dari mesin berkapasitas sekitar 1800cc ini.