BMW R nineT Terpengaruh Budaya Surfing

LAZONE.ID - Budaya surfing bisa mempengaruhi ide dalam membangun sebuah motor.

BMW R nineT diubah oleh Catrina Motosurf, builder yang berasal dari Meksiko. Mereka membangun sebuah motor bergaya tahun 70'an dengan memasukan budaya surfing.

"Kami memutuskan untuk menciptakan penafsiran kita sendiri dari cafe racer modern. Kami ingin membuat sesuatu yang radikal, tidak hanya mengubah bagian cat," kata Ricardo.

Pada awalnya mereka mengaku sedikit gugup karena pertama kalinya mengerjakan sebuah motor yang benar-benar baru. Tapi itu tak berlangsung lama karena BMW baru tersebut kini sudah dicopot-copot, mesin terlepas dari frame dan jok menjadi sebuah tumpukan lainnya.


"Subframe baru dibuat agar sesuai dengan ukuran jok, sementara pada bagian dasar dibuat dari aluminium. Jok custom itu juga dari lembaran logam dan busa yang diukir dengan tangan," katanya.


Skema cat biru dan putih dibuat mengingatkan sebuah warna BMW. Tapi itu dianggap tidak meniru karena gaya garis horizontal lurus dengan finishing lebih flat. Ini lebih sedikit agresif. Gaya surfing pun terlihat dari cat tersebut, seperti sebuah gelombang pasifik.


Suspensi depan dirasa cukup dengan ukuran 46mm up side down. Sementara swing arm hingga monoshock melalui pengecatan warna hitam. 

"Posisi riding harus berubah untuk membuat garis yang lebih agresif dan sporty, ini dicapai dengan mengubah setang asli dan menginstal Woodcraft ons klip aluminium," tuturnya.