BMW R100 Aliran Minimalisme

LAZONE.ID - Meski tampil telanjang, motor ini dijamin tak bakal kedinginan

Seperti yang diucapkan hampir semua builder, model minimalisme tak mudah dibuat. Willie Knoll dari Clutch Motorcycles sangat mengetahui hal tersebut. Namun ia membuat motornya telanjang.

Willie memang bukan builder yang produktif, tapi ia punya fokus pada kualitas deripada kuantitas. Sebagai mantan fotografer, dia punya mata dan tak ada sesuatu yang terlewatkan.

BMW R100 RT 1980 ini diluncurkan ke bengkelnya di Paris, lalu dikupas.



"Ini bukan pembangunan futuristik yang gila karena bukan itu yang saya maksud. Saya suka garis yang bagus, detail waktu dan minimalis. Lalu motor sempurna yang dibangun kembali," katanya.

Selain sederhana, Willie juga ingin motor yang agresif. Dia menyokong bodywork asli, termasuk tangki bahan bakar yang kemudian diganti dengan unit 'aneh' yang lebih vintage agar tampak cocok.



Bagian depan beemer dibuat lebih dramatis. Di belakang juga ada subframe baru yang menciptakan kesan bahwa joknya mengapung, meski sebenarnya didukung oleh baja tersembunyi.

Sistem suspensi belakang memakai monoshock yang memakai Hagon. Sementara dari sisi pengereman, BMW itu memakai Brembo modern.