BMW R1250RS Buat Sultans of Sprint

LAZONE.ID - Motor ini khusus dipakai untuk balapan trek lurus yang legendaris.

 

Di Eropa, kompetisi Sultans of Sprint menghasilkan beberapa motor drag paling aneh dari tahun ke tahun. Ini tertulis dalam aturan: kontestan bersaing untuk mendapatkan emas dengan menjadi yang terdepan di atas lintasan, tetapi poin juga diberikan untuk imajinasi dan kreativitas.

Itu berarti kita berakhir dengan beberapa motor yang sangat eksentrik, seperti motor balap BMW ini.

Motor ini dibangun sebagai proyek sampingan oleh seorang insinyur dan desainer yang keduanya bekerja di sisi mobil BMW.



Untuk memulai proyek ini, BMW menyumbangkan R1250RS baru. Motor itu juga dilengkapi teknologi 'ShiftCam' BMW yang baru, yang membuat efektif sistem timing katup variabel yang mengubah balistik 1250 pada kemiringan penuh.

Philipp Ludwig bekerja di Kraftstoffschmiede, dia adalah seorang veteran Sultans of Sprint. Dia telah membalap dalam seri ini sejak awal, dan meraih beberapa podium kelas 'Freak' tahun lalu dengan BMW R850R yang dimodifikasi tahun 1998.

Tetapi untuk proyek ini, ia memanggil bala bantuan, bekerja sama dengan desainer Krzysztof Szews dari Man & the Machines.

"Mendesain peralatan motorsport membutuhkan desain industri dalam bentuk yang paling murni," katanya.



Untuk seorang insinyur, Philipp meletakkan beberapa ide di atas mejanya. Distribusi berat dan ergonomi adalah wajib, tetapi bagaimana dengan fairingnya?

"Bukan settingan biasa untuk motor sprint," kata desainer Kris.

Kris mulai membuat sketsa. Desainnya menyerukan bodi monocoque yang akan bekerja selaras dengan motor boxer, dan tetap aerodinamis.

Ia memindahkan semua bobot visual ke depan untuk memeluk roda depan yang besar. Lalu ekornya diperpendek untuk memberi kesan lengan ayun memanjang.