Semua terjadi 20 tahun yang lalu ketika Triumph mengeluarkan Bonneville modern pertamanya. Roadster serba baru tetapi dengan gaya dan semangat dari Triumph klasik era 1950-an dan 1960-an.

Kini Ducati, BMW, Moto Guzzi dan bahkan sebagian besar raksasa Jepang menawarkan serangkaian motor retro dengan tema klasik mereka sendiri. Jadi mana yang terbaik?

5. Moto Guzzi V7 III Special



Pemimpin pasar retro Inggris, Triumph telah menggedor Bonneville selama bertahun-tahun. Saingan dari Italia, Moto Guzzi diam-diam baru saja melanjutkan pasarnya.

Legenda Italia datang dengan V7 Classic. Motor ini terbukti sebagai pemenang sejak awal, sebagian besar karena teknik otentiknya.

Faktanya, ini membuktikan kesuksesan mereka. Terlebih dengan digarapnya V7 III untuk melewati standar Euro5, yang telah mengikuti regulasi sedemikian rupa sehingga tetap menjadi tulang punggung jajaran Guzzi.

4. Kawasaki Z900RS



Dari semua pabrikan Jepang, Kawasaki telah menunjukkan lebih banyak antusias dalam hal mode motor retro. Setelah W650 hingga seri W lainnya, kini ada jajaran Z900RS yang diluncurkan pada 2017.

Meskipun sepenuhnya didasarkan pada mesin modern, tapi interpretasi ulang tetap menggugah selera. Ini merupakan penghormatan kepada Z1 legendaris Kawasaki di awal tahun 70-an.

3. BMW RnineT Pure



Raksasa Jerman BMW membuat gelombangnya sendiri di kancah retro ketika meluncurkan R nineT pertamanya pada 2014. Awalnya diluncurkan sebagai versi retro yang dibenahi dari roadster boxer R1200R, R nineT pertama dimaksudkan sebagai penghormatan edisi terbatas untuk menandai ulang tahun ke-90.

Namun, terbukti sangat populer sehingga BMW dengan cepat menjadikannya model itu sebagai produksi utama dan mengikutinya dengan berbagai varian.

Dengan tenaga 110bhp dari boxer plus sasis dan berbagai perangkat modern, R nineT adalah roadster yang sangat praktis dan berkarakter. Selain itu motor tersebut juga sangat modis dengan jaminan lencana BMW.

2. Royal Enfield 650 Interceptor



Royal Enfield mungkin telah menghabiskan sebagian besar dari 50 tahun terakhir untuk menghasilkan barang usang, sisa perang, dengan mesin single silinder berpendingin udara.

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini diasumsikan lebih banyak ambisi global dan bahkan mendirikan basis R&D di Inggris. Buah pertama dari itu adalah 650 twin-nya yang serba baru namun bergaya retro yang hadir dalam bentuk roadster Interceptor dan cafe racer Continental GT.

1. Triumph Bonneville T100



Sekarang ada begitu banyak motor retro bergaya klasik dan begitu banyak yang bagus, sehingga memilih nomor satu memang sulit.

Tapi, untuk uang ada kompromi terbaik, serba bisa dengan nilai terbaik dan retro terbaik yang pasti dari semuanya adalah Bonneville klasik yang tersedia dalam bentuk 900cc T100.