White Collar Bikes merupakan builder asli dari Bandung. Sang pemilik Ram Ram Januar memang sudah beberapa kali membangun motor keren.

Mereka juga punya ciri khas yang tak sulit dibedakan dari yang lain. Salah satunya dalah logam mentah di sekujur bodywork motor.

Sebelumnya mereka pernah membangun motor listrik yang terlihat semakin gahar. Kini, proyek terbaru mereka adalah Ducati 795.

"Saya selalu mencoba membangun full fairing dari logam. Saya membangun Monster ini lalu memutuskan untuk menjualnya. Selalu seperti itu sebagai motor yang akan mendanai proyek lainnya," kata Ram.



Dia memulai dengan beberapa lembar aluminium dengan sejumlah orang yang berketerampilan membentuknya. Semua bagian bodywork merupakan karya handmade.

"Ini dibentuk dengan palu dan kemudian sebuah alat untuk bentuk akhir. Setelah itu, diselesaikan dengan amplas. Prosesnya sangat panjang dan menyakitkan, tapi mudah-mudahan hasilnya layak," tuturnya.



Setelah bodywork, ia memutuskan untuk mencocokkan frame dengan fairing. Ia melucuti frame berwarna merah khas Ducati. Ia menutupnya dengan warna besi mentah.

Selain itu, swingarm juga mereka buat sendiri. Tiga pipa aluminium ukuran berbeda dilas lalu dibentuk sedemikian rupa.

Sementara pengeraman belakang dipilih sebuah tromol. "Untuk perbandingan, saya memutuskan untuk memakai penutur disc pada bagian depan juga," tukasnya.