Fin Komodo, Kendaraan Asal Cimahi , Hasil Kreasi Jebolan PT Dirgantara Indonesia

LAZONE.ID - Fin Komodo salah satu hasil kreasi anak bangsa. Mulai dari mesin, rang dan bodi, semua dibangun oleh para enginner jebolan PT Dirgantara.

Loe selalu bertanya tanya mana mobil nasional (mobnas) Indonesia? Padahal kalau dikumpulin sudah banyak lho kendaraan hasil kreasi anak-anak muda sekarang. Nih salah satunya, Fin Komodo. Fin komodo merupakan kendaraan spesial off road hasil kreasi dari Cimahi, Jawa Barat. Ibnu Soesilo, jebolan PT Dirgantara Indonesia, yang memulai melakukan riset mengenai kendaraan ini.

“Ini kita merakit sendiri mulai mesin rangka dan bodi. Teknisi yang merakit semua jebolan PT Dirgantara Indonesia. Kendaraan off road jenis cruiser ini banyak digunakan untuk off road dan survey di perkebunan dan tambang,” terang Aviantara Karisma P, ST, engineer PT Fin Komodo Teknologi.

Untuk kapasitas konsumsi BBM 5 liter bisa menempuh jarak 100 Km atau sekitar 6 - 7 jam. Dengan kapasitas tangki 20 liter, dapat digunakan 7 x 4 jam atau 4 hari untuk operasi perjalanan siang hari.

Rangka menggunakan tubular dengan system monocoque yang dianalisa dengan menggunakan metoda perancangan pesawat terbang, sehingga mendapatkan rangka/bodi yang ringan tetapi kokoh untuk medan off-road. Ditopang suspensi doble wishbone yang full independent baik depan maupun belakang.

Mesin All Terrain Vehicle atau mesin kendaraan segala medan didukung dengan 4 stroke berkapasitas 250 cc, dan transmisi automatic.

“Fin Komodo juga bisa dimodifikasi. Selain sebagai kendaraan off road juga bisa dimodifikasi menjadi kendaraan P3K di hutan. Tinggal kelengkapannya kita yang tambahin,” ujar Aviantara.