Flat Nine, Tracker Bike Bongsor dari Jerman

LAZONE.ID - Gaya baru buat motor idola modifikator internasional ini

Buat lo yang sering baca tentang modifikasi di lazone.id, pasti lo tau bahwa BMW R NineT adalah salah satu motor yang paling sering dibahas. Soalnya motor ini emang dianggap sebagai salah satu moge yang gampang dirombak dan diubah dengan berbagai gaya. Mulai dari cafe racer hingga motor bergaya adventure ala Paris Dakar pernah jadi gaya yang diterapkan pada motor ini. Tapi Bro, masih ada satu gaya yang belum pernah diterapkan pada BMW R NineT, yaitu gaya flat tracker.

Motor flat tracker biasanya identik dengan motor berbody ramping karena karena seperti sebagaimana kompetisi balapan aslinya, flat tracker bukanlah ajang balap yang diikuti oleh motor-motor besar seperti MotoGP atau WSBK. Namun ide menarik ini muncul dari VTR Customs yang bakal mengubah sebuah BMW R NineT jadi motor tracker meski body-nya bongsor.



Banyak part bawaan dari BMW R NineT yang dibiarkan tetap terpasang untuk menjaga identitas motor ini. Di antaranya adalah bagian tangki bensin yang terkesan bulky, dan juga sepasang roda 19F/17R yang diberi finishing emas untuk memberikan kontras dengan sekitarnya. Untuk memberikan kesan yang sedikit lebih ramping, VTR menerapkan finishing hitam di sekitar bagian bawah motor ini.



Selain dari tangki bensin dan roda yang dipertahankan, bagian bodywork motor ini pun banyak mengalami perombakan. Bahkan bagian air intake yang ada di samping mesin dibongkar untuk memberikan ruang lebih di bagian bawah motor. Perombakan bagian bawah ini dilengkapi dengan penggantian sistem pembuangan bawaan dengan sistem pembuangan 2 into 1 dengan muffler titanium buatan Unit Garage.

Pada bagian belakang VTR membongkar subframe bawaan dari BMW pada motor ini lalu membuat sendiri tail bergaya flat tracker dari material aluminium. 

Kesan flat tracker sendiri lebih terasa ketika VTR menggunakan ban Dunlop seri DT3 untuk membalut roda motor tersebut. Ground clearance motor ini juga dibikin sedikit lebih rendah untuk memberikan kesan motor jalanan yang lebih kental. 



Hasilnya, sebuah BMW R NineT yang berbeda dari kebanyakan modifikasi R NineT di luar sana. Kesan motor flat tracker yang ramping pun hilang dengan hadirnya motor ini. Cocok banget buat berkendara keliling dan di pinggiran kota kalau pandemi corona ini udah selesai.