Karena bentuknya yang simple, flat tracker bisa dipakai di dua alam. Motor dengan desain seperti itu pun makin banyak diminati.

River Rat Cycle Fab adalah builder yang serius membuat motor flat. Pemiliknya, Heath Reed memang sering langsung turun balapan dengan motor tersebut.

Mereka awalnya ingin membuat sebuah senjata yang bisa dipakai di lintasan tanah. Awalnya mereka menghitung anggaran jika membuat Harley Davidson XR750.

Akan tetapi, dengan anggaran kecil, membuat Harley, Ducati atau Triumph terlalu mahal. Heath pun membangun sebuah Kawasaki Ninja 650R.

"Sejumlah tim telah mengembangkan dan berkampanye tentang Ninja 650 di sirkuit selama beberapa tahun dan sekarang telah menunjukkan sebagai platform yang kompetitif," ungkapnya.


Sebuah mesin telah diubah untuk bisa berkompetisi. Mereka pun mencari frame, dimulai dari eBay, hingga pergi ke toko-toko untuk mengikat mesin. Akhirnya, sebuah chassis ditemukan dengan bentuk sedemikian rupa untuk bisa berjaya di lintasan tanah.

Faktor utama adalah mesin Ninja 649cc! Settingan yang dipakai ternyata mirip dengan kategori motor balap di Isle Of Man. Mesin tersebut punya tenaga 130mph!

"Jika kita tak pernah mengalami perlombaan flat track Pro, membangun sendiri motor memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi ketika meluncur dengan kecepatan tinggi," tukasnya.