Gila! Motor Tua Ini Laku Rp 12 Miliar, Apa Sih Istimewanya?

LAZONE.ID - Di eranya, motor ini termasuk kencang banget

Pasti lo udah bisa denger mobil klasik yang dijual dengan harga miliaran. Tapi bro, kalo motor tua bisa laku miliaran rupiah? itu jarang banget. Seperti pada ajang lelang di Las Vegas pekan lalu, ada seorang peserta yang berani ngeluarin duit $929.000 (setara Rp 12 miliar) untuk sebuah motor tua.

Motor yang laku dalam lelang itu sendiri ialah Vincent Black Lightning lansiran 1951. Ya gimana enggak mahal, motor ini cuma dibuat 30 unit. Dan lo tau, malah sekarang cuma ada 19 unit yang tersisa di dunia!

Gila! Motor Tua Ini Laku Rp 12 Miliar, Apa Sih Istimewanya?

The Lightning memakai Black Shadow sebagai basisnya. Black Shadow dikenal sebagai superbike pertama di dunia. Pada masanya, Shadow bisa mengalahkan Jaguar XJ120 dengan kecepatan 196 km/jam.

Black Lightning bahkan lebih kencang nih. Mesinnya menjadi 70 tk dari 55 tk, bobotnya juga dipangkas menjadi 163 kg. Rollie Free pernah mencetak rekor di Bonneville pada 1948. Buat meminimalisasi bobot, Rollie cuma memakai baju renang doang.

Nah, unit yang dilelang ini merupakan pesanan khusus Tony McAlpine yang dibawa ke Australia. Terus Jack Ehret memakainya buat cipatain rekor kecepatan di Australia dengan kecepatan rata-rata 226,4 km/jam. Yaudah, abis itu Ehret menyimpannya lebih dari setengah abad.

Jadi jangan heran, dengan sejarah yang cukup panjang itu motor ini jadi target banyak oleh para kolektor.