Gila, Tanpa Suara Mobil Ini Melesat Hingga Hampir 550 Km per Jam

LAZONE.ID - Venturi memecahkan rekor kecepatan mobil listrik

Mobil listrik super sepertinya makin nyata. Venturi, sebuah perusahaan otomotif asal Prancis yang kini berbasis di Monako, mencoba untuk membuktikannya.

Venturi selama ini dikenal sebagai perusahaan yang biasa menangani teknologi kendaraan nol emisi dengan kecepatan tinggi. Pada 2010 lalu, Venturi mampu menembus  kecepatan hingga 487 km/jam. 

 
Dan, kini Venturi kembali membuktikan bahwa mobil listrik tanpa suara pun bisa melesat dengan cepat. Bekerja sama dengan Ohio State University, dirinya telah memecahkan rekor kecepatan sebuah mobil listrik. Dipacu di atas dataran Bonneville Salt Flats di Utah, Amerika Serikat, mobil listrik itu mampu menempuh kecepatan rata-rata hingga 341,4 mil per jam (hampir 550 km/jam).

Mobil listrik bernama Venturi Buckeye Bullet 3 (VBB-3) itu, juga dikatakan mencapai kecepatan 358 mil per jam (576 km/jam) pada satu titik.



VBB-3 merupakan mobil listrik yang dibangun diatas bahan serat karbon dan aluminium dengan menggendong sepasang motor listriknya bisa menyemburkan tenaga setara 3.000 daya kuda.

Satu motor listrik dipasang di poros roda depan dan satu lagi dipasang di poros roda belakang untuk menyediakan sistem penggerak semua roda. Motor listrik ini diasup listrik dari baterai lithium fosfat seberat 1,6 ton. Sementara berat total VBB-3 sekitar 3,5 ton.

Bagaimana Bro? Masih tidak percaya mobil listrik bisa melaju kencang?