Gokil! CBX Honda Enam Silinder Berturbo

LAZONE.ID - Bisa dibayangkan kekuatan motor ini, sadis!

Kita semua menyukai superbikes besar, apalagi dari era 70 atau 80'an. Mereka benar-benar cepat dan berpenampilan menarik.

Arno Overweel of Rno Cycles baru saja membangun CBX Honda dengan turbocharged ini. Di benua Eropa, Arno adalah nama rumah tangga dalam adegan modifikasi dengan karya ekstrem dan tidak praktis, tetapi yang ini berbeda. Gayanya halus, dan difokuskan pada sisi mekanik.

“Klien melihat pekerjaan saya di sebuah acara dan dia sangat antusias,” kata Arno. “Kami mulai berbicara tentang Honda CBX yang dia miliki sejak usia dini."

Gokil! CBX Honda Enam Silinder Berturbo

Klien menginginkan CBX 1000 kembali di jalan, tetapi hati Arno terletak pada  restorasi. "Pemulihan tidak hanya gairah saya," katanya. "Tapi peningkatan teknis dan optik dari CBX sepertinya tantangan, jadi pertanyaan saya adalah: mana batasnya?"

Motor ini menggendong mesin 1.047 cc 24-katup, berpendingin udara enam silinder inline. Dengan tenaga 105 hp, memiliki kecepatan tertinggi dengan nyaman lebih dari 130 mph.

Mesin ini berjalan satu langkah lebih baik. Ada kit turbo dari American Turbo Pack, mod yang tersedia untuk mempercepat orang-orang aneh di masa itu.

Gokil! CBX Honda Enam Silinder Berturbo

Agar motor yang kuat tetap berjalan dengan baik, Arno memasang pendingin minyak Setrab. Apa yang tidak disukai Arno adalah bagian belakang CBX.

“Ada jok besar dengan lampu belakang besar yang konyol, yang tampak tidak proporsional dengan roda belakang yang sempit. Bagian depan juga membutuhkan proporsi yang lebih baik,” katanya.

Ujung ekor diperpendek, yang membuat swingarm terlihat lebih panjang, dan bagian belakang Aprilia RSV Mille 190. Untuk memperkuat bagian depan, Arno memasang garpu Öhlins — sekali lagi dari RSV Mille.