GSX dan Katana Digabung Jadi Satu!

LAZONE.ID - Dua motor ikonik dari Suzuki ini jadi perpaduan yang unik

Pecinta motor sport klasik pasti tau bahwa Jepang memproduksi banyak banget motor unggulan di kelasnya. Hampir di setiap kelas mesin, para produsen dari negeri tersebut selalu punya motor yang dijagokan bahkan untuk pasar internasional.

Contohnya ada Suzuki GSX R1100 dan juga Suzuki Katana. Keduanya bisa dibilang bermain di kelas yang mirip dan sama-sama pertama diproduksi pada dekade 80an. Perbedaan keduanya terletak pada GSX R1100 yang mengusung motor sport full fairing, sedangkan Katana mengusung konsep naked sport.

Gimana kalau keduanya digabungkan?

Inilah yang dilakukan oleh Rusty Wrench Motorcycles yang berbasis di Portugal. Mereka memodifikasi sebuah GSX R1100 dengan tampilan Katana. GSX satu ini adalah sebuah motor yang sangat powerful karena mampu menghasilkan tenaga sebesar 156 horsepower.


Francisco Correia dari RWM memilih sebuah GSX-R yang dirilis tahun 1996. Langkah pertama yang dilakukannya terhadap motor satu ini adalah melucuti semua bodywork hingga cuma menyisakan tangki bensinnya.

Ini bikin frame Suzuki GSX yang mengotak terbuka lebar. Selain itu mesin bongsor dengan 4 silindernya pun terekspos keluar. Di belakang tangki bensin terpasang sebuah jok dengan lekukan ke atas supaya posisi duduk rider lebih stabil ketika memacu motor ini.


Untuk mendukung jok baru tersebut, RWM mendesain ulang bagian subframe. Mereka juga membentuk secara manual panel samping yang mengisi ruang kosong di bawah jok.

Francisco dan RWM memutuskan buat mempertahankan mesinnya yang udah terkenal powerful. Mungkin sedikit pembaruan dilakukan untuk kembali menyegarkan motor tersebut. Untuk urusan performa ini mereka cuma mengubah knalpot dan muffler yang digunakan.


RWM juga mendesain langsung cover lampu depan menggunakan material aluminium. Ini jadi bagian yang membuat GSX R jadi mirip dengan Katana.

Fairing yang dilepas tentunya bikin bagian samping terekspos dan dibiarkan seperti itu.

Francisco pun menamai motor ini dengan julukan Bushido. Ada makna yang cukup mendalam dengan nama ini karena ‘Bushido’ dalam kebudayaan Jepang adalah norma-norma yang dipegang teguh oleh para samurai.