Meski dirancang untuk membantu tetap aman bertelpon saat mengemudi, handsfree tetap mengundang bahaya. Hitungannya dalam detik, bro.

Handsfree, dirancang buat membantu dan menjaga pengemudi supaya tetap aman saat mengemudi dan bertelpon. Tapi ternyata, perangkat yang jadi andalan banyak pengemudi ini tetap berpotensi menyebabkan kecelakaan, bro. Dalam hitungan detik!

Hasil penelitian AAA Foundation for Traffic Safety, menemukan gangguan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan dan bisa terjadi dalam waktu 27 detik, bro. Yaitu pada saat menerima penggilan, mendengarkan musik serta mengirim pesan teks dengan perintah suara.
Kenapa? Karena walaupun tidak melibatkan tangan, teknologi handsfree tetap ngalihin perhatian pengemudi. Bahkan saat pandangan mata meilhat ke arah jalan dan posisi tangan memegang setir.

Bahkan jika diukur, sebuah mobil dalam tempo 27 detik yang melaju pada kecepatan 40km/jam aja, sama dengan menempuh hampir tiga kali panjang lapangan sepakbola. Handsfree juga masih bisa mengganggu selama lebih dari 15 detik setelah selesai penggunaan. Jadi, emang bahaya banget.

Dan buat bisa dapet hasil ini, peneliti harus membandingkan teknologi handsfree pada 10 kendaraan keluaran 2015, dengan tiga jenis smartphone. Jadi cukup akurat bro. Semua sistem yang diteliti menunjukkan peningkatan gangguan yang berpotensi mambahayakan pengemudi.
Better be safe, don’t drive and call, bro...