Festival GLEMSECK 101 yang diadakan akhir pekan ini di Jerman adalah perayaan soal kecepatan dan kekuatan. Tapi tahun ini, ada motor paling menarik yang menjadi salah satu yang terkecil: Honda Monkey mungil yang dibangun oleh Kingston Custom untuk Honda Jerman.

Builder Dirk Oehlerking terkenal karena BMW-nya yang megah. Tapi bagaimana ketika ia membangun sebuah Monkey.

"Pada awal Juli saya mendapat telepon dari Erik Mertens dari Honda Jerman. Dia langsung ke intinya dan bertanya apakah saya tertarik pada proyek kustom Honda,” ungkapnya.

Honda Monkey Jadi Tracker

Ia kemudian bertanya, motor mana yang harus dikerjakan. Jawabannya adalah Honda Monkey 125cc. Dan ia tak lama berpikir untuk menyetujui proyek itu.

Monkey merupakan kabar besar setelah kesuksesan MSX125 Grom. Honda sudah mengubah ikon motor mini dan membawanya sampai saat ini dengan barang bagus seperti garpu dan ABS.

Beberapa hari kemudian, Dirk mengambil seekor Monkey dan segera mengeluarkan kunci pasnya. Dia dengan cepat mengatur arah desain, Monkey tracker dan benar-benar membongkarnya.

Honda Monkey Jadi Tracker

Dirk telah membangun motor lebih lama daripada kebanyakan dari kita yang masih hidup, jadi dia memiliki harta karun di rak-rak di bengkel Gelsenkirchen-nya. Perangkat yang baru langsung keluar dari rak miliknya.

Untuk meningkatkan suspensi, Dirk telah membuang shock bawaan pabrikan yang ramping dan memasang unit YSS yang sudah dibuat khusus.

Jok pabrikan dilepas diganti dengan pad konvensional dengan gaya tracker. Jok itu dibungkus oleh kulit alcantara.

Motor itu diakhiri dengan skema warna merah, biru dan putih. Sebuah tricolor yang jadi warna khas Honda jelang akhir 70’an.