Australia punya dua wilayah alam yang saling berbeda satu sama lainnya. Ada pantai dengan papan surfingnya, ada juga pegunungan dengan bukit terjalnya.
 
Dari dua alam itu juga muncul sebuah ide dalam membangun sebuah motor. Adalah Luke Doyle yang menggabungkan keduanya melalui Honda XL500.
 
 
Ia mengubah motor keluaran tahun 1981 ‎itu menjadi sebuah scrambler yang punya kaki-kaki kuat. Bisa mendaki gunung, mudah juga diajak melintasi pasir dengan membawa papan surfing.
 
‎"Saya tinggal di Gold Coast dan sedang mencari motor dua alam," kata Luke.
 
Tak pernah ada gambar desain yang dibuat. Ia hanya mengandalkan kolaborasi dengan BikeBuilders‎.
 
 
Mereka memakai frame bawaan motor meski pada bagian belakang dibuat penyesuaian agar jok, tangki bahan bakar dan suspensi terpasang rapi.  Tangki sendiri memakai milik CB125 dengan polesan cat emas.
 
Karena motor tersebut hidup dalam dua alam, mereka tahu benar bahaya yang bisa menyerang part besi jika terkena garam air laut. Hampir semua baut dan mur diberikan pelindung. 
 
 
‎Dari sisi suspensi juga wajib menjadi perhatian utama. Garpu depan standar masih dipercaya bisa menembus berbagai medan. Akan tetapi, ada beberapa ubahan pada bagian dalamnya. OEM, sebuah suspensi garpu semi kit progresif dngan minyak 30W.
 
‎Velg dipercayakan kepada Excel Rim dengan lapisan hitam ditunjang jari-jari serba hitam. Ban menggunakan Maxxis Sport M6006.
banner-ads