Ini Bobber Rasa Bavarian

LAZONE.ID - BMW R50 diubah menjadi bobber, bagaimana rasanya?

Banyak model motor datang dan pergi sesuka hati, tapi bobber sudah ada sejak tahun 1930'an. Pada masa itu, diketahui akan laparnya Harley Davidson dan Indian membuat genre motor seperti itu.

Begitu cepat waktu berlalu, kini sudah 80 tahun berjalan, dan daya tarik bobber masih sangat kuat. Bahkan, Triumph seperti begitu kesulitan memenuhi permintaan pasar, sejak era modern.

BMW, walau bagaimanapun, bukanlah merek yang bakal dikaitkan dengan penampilan motor seperti itu. Tapi pabrikan Austria itu memiliki mesin kuat yang bisa bertahan melawan raksasa Amerika Serikat dan Inggris itu.



Titan berada di antara mereka. Rumah modifikasi yang dipimpin oleh Michael Siebenhofer, Titan tidak memiliki hambatan dalam struktural tersebut. Ini hanyalah sebuah proyek yang tak biasa. Mereka menyebutnya, 'Boxer goes Harley'.

Mesin yang berbanding terbalik dengan Harley tersebut memang memiliki daya tarik. Mesin boxer yang disematkan memang sederhana, tapi punya kekuatan layaknya bobber tangguh.



"Semua bagian teknis harus yang terbaik, sederhana dan modern. Tapi suspensi belakang, tidak. Frame motor itu harus setua mungkin, lebih dari Perang Dunia ke II, tapi kunci kontaknya harus elektronik," ungkap Siebenhofer.

Mereka menghitung benar wheelbase, beban dan setiap sudut kemudi. Proyek ini berat, apalagi melihat sejarah di atas, tak ada BMW bobber sejauh ini.