Ini Motor Grand Prix Era 80'an

LAZONE.ID - Harusnya motor ini bermesin 2 tak, tapi akhirnya digarap dengan mesin CBR600RR.

 

Mustahil bisa melupakan motor GP era 80'an yang ditunggangi oleh orang-orang seperti Wayne Gardner dan Freddie Spencer. Tapi untuk membangun motor seperti itu hari ini, sepertinya tak mungkin.

Cobalah menemukan motor 500cc dua langkah dengan harga yang layak. Itu sudah begitu sulit ditemukan. Tetapi cara James Campbell dari Australia ini adalah langkah ajaib.

Memanfaatkan mesin SuperSport modern, Honda CBR600RR 2006, dan ia berhasil mengubah tampilan untuk memberikan kesan nostalgia yang tepat.

"Selama 15 tahun saya telah memperbaiki dan memodifikasi pesawat dan sepanjang jalan saya telah mengambil banyak keterampilan yang saya gunakan untuk membangun motor di garasi saya,” ungkapnya.



Ia mengaku ingin membangun sesuatu yang keren. Sebuah motor yang cepat, andal dan relatif murah untuk dibeli.

Selain itu, ia juga ingin motor yang memenuhi kriteria dan memiliki subframe yang bisa dilepas. Namun itu hal yang sulit, hingga akhirnya ia membangun sendiri subframe tersebut.

James mulai membuat subframe baru yang sesuai dengan apa yang harus dia inginkan. Sementara, bagian buntut dibuat dari campuran fiberglass dan serat karbon.



Tidak puas hanya mengubah ujung belakang, tantangan berikutnya adalah membuat selubung tank. Untuk membuatnya lebih mudah, ia mulai dengan tipe balap fiberglass dan kemudian menyesuaikannya agar sesuai dengan spesifikasinya yang unik.

"Saya menambahkan punuk di belakang dan harus mengisi potongan di bagian depan, di mana tim balapan sebelumnya memiliki akses mudah ke ECU," katanya.

Satu-satunya hal yang hilang adalah bau dua-stroke di udara. Penampilannya kental banget dengan nuansa dua langkah, ditambah dengan lampu depan kuning yang dipasang dekat pada suspensi. Garpu depan itu adalah bagian dari apa yang membuat CBR menjadi pilihan yang baik. Sementara suspensi belakang dapat disetel mengendalikan swingarm replika RC211V HRC.