Mungkin sekarang udah jadi hal biasa melihat seseorang melakukan modifikasi pada motornya. Pengerjaan yang relatif mudah dengan teknologi yang ada dan juga biaya yang makin terjangkau bikin banyak orang bisa mewujudkan keinginan mereka memiliki motor custom.

Namun, apa jadinya kalau lo memodifikasi sebuah motor berusia satu abad?

Motor yang gue bicarakan adalah sebuah motor bernama Henderson Motorcycles Co yang dirilis pada tahun 1917 lalu, Bro. Henderson sendiri pabrikan motor pertama yang membuat sebuah motor dengan mesin 4 silinder.

Bentuk aslinya mungkin bukanlah sebuah board tracker, melainkan motor klasik biasa. Tapi Henderson Model G ini direstorasi dan dimodifikasi jadi sebuah motor balap board tracker klasik.

Untuk menjaga keaslian motor ini, sang modifikator menjaga bentuk frame dengan menggunakan bentuk hardtail model tahun 1910-an. Pada bagian depan juga ditempatkan sebuah springer front end, jok sprung saddle model jadul, dan juga posisi handlebar yang rendah.

Motor ini sendiri diberikan kepada Paul Olsey oleh Wheels Through Time Museum, dan Paul lah yang memutuskan untuk melakukan modifikasi pada motor super tua ini.

Beberapa komponen modern juga terlihat pada modifikasi motor ini, seperti sistem pengereman Brembo yang terlihat di bagian belakang. Motor ini juga sekarang punya sistem lampu pada bagian depan, sesuatu yang gak ada di bentuk aslinya.

Kerennya, motor ini juga masih bisa ngebut, Bro. Bahkan motor ini pernah ikut meluncur di ajang Sons of Speed Vintage Board Track.

Motor ini pu masuk pelelangan di Amerika Serikat dengan bid pertama senilai US$85.000.

Gimana rasanya ya naik motor super tua seperti itu, Bro?