Kalau ngomongin motor dengan gaya vintage, sekarang cakupannya luas banget. Motor mulai tahun 1990an dan lebih tua dari itu mungkin udah bisa dibilang sebagai sesuatu yang ‘vintage’ sekarang. Namun tentu aja, setiap era dan setiap dekade motor-motor ini punya gaya dan ciri khasnya masing-masing.

Sebut aja Honda CB350 dan Kawasaki F5 Bighorn 350. Keduanya datang dari era yang sama, yaitu awal tahun 1970an dan tentu aja punya gaya yang kelihatan serupa. Mungkin perbedaan mencolok ada di bagian fender keduanya.

Kali ini, ada Thomas Canellos yang menemukan sebuah Kawasaki F5 Bighorn dalam keadaan cukup mengenaskan dan bakal dijadikan sebuah motor road race bergaya vintage.


Bisa dibilang Thomas membeli sebuah Bighorn dalam keadaan yang cukup parah. Dirinya harus membangun motor tersebut dari awal.

Saat pertama dibeli, kelihatan jelas sisa-sisa motor offroad pada F5 Bighorn ini. Fender depan yang tinggi dan juga ban offroad menempel pada motor tersebut. Thomas ingin mengubahnya jadi sebuah motor yang bisa melibas jalanan aspal dengan performa tinggi.

Untuk melakukannya, tentu mesin adalah fokus utama buat Thomas. Dirinya memasangkan karburator baru dan silinder yang lebih besar untuk memaksimalkan pembakaran. Dirinya juga menerapkan gearbox dengan rasio yang lebih pendek untuk akselerasi maksimal.


Thomas menggunakan tangki bensin original milik F5 Bighorn yang masih mulus untuk menggantikan bagian yang hilang. Dirinya juga membeli satu unit jok vintage dengan model yang serupa. Warna hijau terang khas Kawasaki dengan beberapa detail yang punya kesan ‘racing’ diterapkan pada motor ini.

Roda offroad pun diganti dengan roda supermoto dengan ukuran yang sama di bagian depan dan belakang. Fender tinggi di bagian depan dipertahankan untuk menjaga tampilan original motor tersebut.

Gak cuma selesai dengan membuat modifikasi, Thomas pun membawa motor ini ke arena balap sungguhan di Shannonville Motorsport Park di Kanada. 


Kalau dipikir-pikir, apa yang dikerjakan Thomas mirip dengan sebuah eksekusi restomod, Bro. Dirinya membangun kembali motor yang terbengkalai namun dengan berbagai perubahan untuk peningkatan performa.