Kawasaki emang terkenal sebagai salah satu produsen motor sport favorit asal Jepang. Tapi status tersebut gak serta merta bikin pabrikan tersebut ikut cemerlang di hingar bingar kejuaraan Grand Prix seperti Honda, Suzuki, maupun Yamaha.

Namun beda cerita dengan keikutsertaan mereka di seri Superbike. Salah satu rider legendaris mereka, Eddie Lawson memenangkan kejuaraan AMA Superbike tahun 1981 dengan menunggangi Kawasaki Z1000R. 

Saking populernya Eddie Lawson pada musim tersebut, Kawasaki sampai memproduksi Z1000R edisi spesial Eddie Lawson Replica (ELR). Namun harganya yang tinggi dan jumlah yang terbatas ketika dirilis, cuma sedikit yang memiliki motor tersebut.

Karena hal tersebut Doremi Collection, brand part aftermarket untuk motor Kawasaki mengubah sebuah Z900RS jadi replika untuk Z1000R ELR.


Kedengarannya unik emang, motor replika edisi spesial tersebut kini dibuatkan replika untuk menghidupkannya kembali.

Yang dilakukan oleh Doremi cukup sederhana, mereka membuat cover body yang mirip dengan gaya Z1000R ELR tersebut. Namun akibatnya tangki bensin Z900RS yang semula 17 liter, dikurangi jadi 14 liter demi tampilan yang lebih slim dan meyakinkan.


Selain dari tangki bensin yang diubah dengan gaya 70’an tersebut, Doremi juga menambahkan cover lampu, shield, serta kaca spion dengan gaya retro. Doremi gak mengubah bentuk dari frame Z900S ini sehingga mereka membutuhkan bracket khusus untuk memasangkan cover bergaya retro tersebut.

Gak cuma cover dan bagian depan, Doremi juga membuat jok serta tail light dengan gaya boxy ala 80an tanpa mengubah struktur frame yang ada di bawahnya.


Hasilnya, motor ini tampil dengan gaya yang retro abis tapi dengan komponen serta mesin yang lebih modern dari masanya.