Kekuatan Mesin Kawasaki ZX25R Terungkap

LAZONE.ID - Meski belum dirilis, data yang didapatkan memperlihatkan kekuatan mesin motor tersebut.

Produsen knalpot aftermarket Akrapovic telah merilis informasi homologasi di situs web perusahaan. Data tersebut mengungkap tenaga motor terbaru Kawasaki ZX25R.

Sepertinya data telah secara tidak sengaja diunggah ke halaman web. Gara-garanya, data itu bahkan langsung kembali diturunkan.

Data menunjukkan kepada kita kekuatan mesin, yang cukup dekat dengan apa yang dilaporkan sebelumnya. Apa yang ditunjukkan adalah mesin 250 cc inline empat silinder kecil dalam bentuk dasar dapat menghasilkan 42bhp pada 15,350rpm, dan torsi 20,8 Nm (15,3lb-ft) pada torsi 12,700rpm.



Bagi mereka yang mengubah sistem pembuangan, langsung meningkatkan kekuatan motor. Memakai knalpot Akrapovic ke motor meningkatkan tenaga puncak sebesar 1,3bhp.

Meski bukan peningkatan yang cukup besar, tapi ada keuntungan lain yang bisa didapatkan sebesar 2,5bhp pada 9.800 rpm. Peningkatan midrange sama dengan torsi, dengan knalpot menambahkan keuntungan 1,3lb-ft pada 9,600 rpm.

Keuntungan nyata lainnya dari mengganti knalpot aftermarket, selain membuatnya terdengar lebih baik, adalah penghematan besar-besaran yang bisa didapat. Knalpot stok pada dasarnya dirancang untuk melakukan dua hal, memenuhi peraturan emisi, dan membuat mesin bekerja dengan benar.

Untuk catatan itu, bahan yang digunakan, dan desain kadang-kadang bisa kurang optimal dalam hal berat keseluruhan. Berat knalpot Ninja yang bisa dihilangkan sebesar 4.4kg.