Kerumitan GL400 Bergaya Cafe Racer

LAZONE.ID - Ada beberapa hal yang tak sesuai dengan genre tersebut.

Dibutuhkan bakat sejati untuk mengubah Honda CX500 menjadi sesuatu yang cantik. Dan Takashi Nihira dari Wedge Motorcycle yakin punya bakat itu.

Karya terbaru dari Wedge ini secara teknis bukan CX. Ini didasarkan pada GL400 1981, sebuah model downscaled yang dijual di pasar Jepang. Namun, terlepas dari sebutan 'GL', secara efektif CX kapasitas lebih kecil dengan beberapa perbedaan kecil.

Seorang klien datang dan melihat karya Honda CB750 di bengkel mereka. Klien itu menginginkan motornya menjadi seperti itu, tapi Nihira ternyata tak siap menghasilkan sebuah formula yang sama.

"Saya sudah berpengalaman membangun CB empat silinder Jepang," katanya.

Kerumitan GL400 Bergaya Cafe Racer

"Jadi saya mengatakan bahwa saya ingin mencoba tantangan baru, menggunakan mesin baru. Ide baru itu adalah Honda GL. Ternyata pelanggan tahu orang Eropa dengan baik, dan dia sering melihat modifikasi CX di sana."

Motor tersebut dibangun dengan dua gaya: styling racer cafe dan spoked wheels.

"Saya tidak bisa membayangkan gaya cafe racer saat melihat GL standar pertama kalinya," kata Nihira-san.

Kerumitan GL400 Bergaya Cafe Racer

Ia pun baru menemukan cara cepat untuk mengubah roda belakang. Bagian depan, dia mencangkokkan garpu dari SR400 Yamaha, menggunakan batang kemudi SR.

"Itu mudah karena metode itu sangat populer di Jepang," Nihira-san menjelaskan.

"Tapi bagian belakangnya sangat sulit." Setelah beberapa penelitian, dia menyadari bahwa GL1000 berasal dari generasi yang sama dengan GL400, dan dilengkapi dengan roda yang berjejer.

Jadi dia melompat ke eBay dan mencari hub belakang. Dan dengan sedikit dorongan dia akhirnya berhasil menyesuaikan diri dengan drive terakhir GL400.