Ketika 3D Printing Jadi Alternatif Modifikasi Motor

LAZONE.ID - Memanfaatkan teknologi canggih buat hasil yang presisi

Dalam membuat sebuah modifikasi, presisi yang baik adalah hal utama demi estetika yang nikmat dipandang oleh mata. Lekukan yang pas dan dimensi yang proporsional adalah hal yang penting supaya motor yang dikerjakan jadi keren sekaligus rapi. Untuk hal itu, masih sangat banyak yang melakukannya dengan cara mengelas, menempa, hingga mengukir sendiri komponen-komponen yang mereka gunakan.

Namun Paul Brauchart dan Pilipp Rabl dari Vagabund Moto, sebuah bengkel modifikasi asal Austria punya pendekatan yang lebih modern dari cara-cara manual di atas. Mereka menggunakan teknologi 3D Printing untuk menghasilkan potongan-potongan presisi dan menghasilkan sebuah Honda NX650 yang kece abis!



Tujuan mereka dalam menggunakan 3D printing adalah untuk membuat motor dengan tampilan minimalis, namun berfungsi sepenuhnya untuk melibas medan-medan offroad. Material yang mereka gunakan dalam proses printing ini adalah Nylon PA12. Material tersebut diklaim punya ketahanan luar biasa untuk sebuah material 3D printing.

Tangki bensin baru, bagian tail motor, dan juga cover untuk filter udara semuanya menggunakan bahan tersebut.



Untuk urusan performa, gak banyak yang diubah dari mesin 644 cc bawaan Honda NX650 ini. Namun mereka membuat sistem pembuangan baru yang lebih kuat dengan bahan stainless steel. Sistem pembuangan ini menggunakan model 2 into 1 dengan muffler Akrapovic yang dimodifikasi.

Untuk mendapatkan upgrade tampilan di bagian depan, Vagabund Moto memasangkan fender depan dari motor Husqvarna TC85. Di bagian depan ini juga lo bakal melihat sebuah kompartemen multifungsi yang bisa digunakan untuk membawa berbagai keperluan offroad.



Setelah selesai, hasilnya motor ini jadi salah satu motor trail minimalis dengan desain paling rapi yang pernah lo lihat Bro. Gak lama setelah selesai motor ini juga langsung jatuh ke tangan seseorang yang sering mengunjungi Vagabund Moto. Seperti banyak orang yang melihatnya, orang tersebut juga langsung jatuh cinta kepada motor tersebut dan membelinya saat itu juga.