Ketika Motor dan Mesin Kopi Bersatu

LAZONE.ID - Bisa jadi coffee tenant berkelas nih, Bro

Sekarang mungkin gue gak bakal bahas motor kayak biasanya Bro. Motor yang kali ini menarik perhatian adalah sebuah translate harfiah dari genre ‘cafe racer’. Motor ini adalah sebuah motor dengan tampilan vintage dan diubah tampil layaknya sebuah mesin kopi berjalan, atau bahkan sebuah cafe portable.

Bayangkan salah satu dari motor ini ada di kota lo. Mungkin di manapun pengendaranya berada, motor tersebut bakal dikelilingi banyak orang. Well, kecuali karena sekarang masih di tengah pandemi covid-19 jadi kumpul-kumpul di luar ruangan bukan hal yang bagus.

Sebuah mesin kopi berjalan ini dibangun oleh Gasoline Co di kota Sydney menggunakan motor dari Ural Motorcycle sebagai dasarnya. Sydney sendiri jadi kota yang penting untuk penyebaran budaya minum kopi yang ada di Australia.

Banyak banget hal yang harus ditanamkan oleh Gasoline Co dalam motor ini.


Bukan cuma sebuah mesin kopi berukuran besar di bagian belakang, mereka juga harus menempatkan sumber listrik untuk mesin tersebut, sebuah sistem air, pembuangan air, penyimpanan gelas, dan sebagainya yang mendukung kegiatan seorang barista menjalankan aktivitas di cafe.

Well, karena motor Ural didesain untuk tahan banting, mereka menggunakan chasis bawaan untuk melakukan ini semua. Perubahan hanya terjadi pada body untuk menyesuaikan penempatan berbagai benda perkopian di atasnya.

Bagian samping yang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang ketiga kini beralih fungsi jadi sebuah peti kulkas dengan kapasitas 15 liter. Kulkas tersebut adalah sebuah kulkas gas yang ditenagai sebuah kompresor bertenaga 12V. Pada lengkungan bagian depan sisi tersebut ditambahkan sekat sehingga terbentuk sebuah tempat penyimpanan di sana.


Lo pasti penasaran dengan box besar yang menonjol di sebelah kopi mesin tersebut. Ternyata itu adalah sebuah mesin yang menampung air sebanyak 45 liter demi berbagai kebutuhan ‘cafe portable’ ini. Penyimpanan air tersebut dilengkapi pompa dengan berbagai saluran yang bakal digunakan untuk beberapa kebutuhan sekaligus.

Motor ini dikatakan punya tenaga yang cukup untuk membawa seluruh modifikasi berat ini dengan kecepatan 80 km/jam. Tapi kayaknya gak mungkin juga pengemudinya bakal menjalankan dengan kecepatan seperti itu ketika mesin kopi miliknya penuh air dan biji kopi yang belum digiling.

Motor ini bisa jadi ide buat cafe portable di luar sana. Mungkin kalau pandemi ini udah berakhir, bakal keren kalau bisa melihat cafe portable tersebut muncul di jalanan kota.