Ketika Pesawat Perang Dunia II Jadi Inspirasi Modifikasi

LAZONE.ID - Satu lagi karya lokal nih Bro!

Ketika banyak sektor yang terhenti akibat pandemi COVID-19, sektor modifikasi motor nampaknya terus memperlihatkan geliat yang menggairahkan. Banyak negara yang sedang menerapkan pembatasan sosial dan work from home, namun karya-karya modifikasi terus bermunculan.

Di Indonesia, ada sebuah event otomotif yang seharusnya diadakan bulan lalu. Indonesia International Motor Show (IIMS) seharusnya diadakan 9-19 April, dimana di dalamnya ada beberapa bagian yang menampilkan hasil karya modifikasi para seniman otomotif dalam negeri.

Salah satu karya yang diunggah akun media sosial IIMS 2020 adalah Katalis EV.500. Sebuah karya yang unik dan mencuri perhatian beberapa media bike enthusiast internasional.



Katalis EV.500 sendiri adalah karya perdana dari Katalis Company yang diikutsertakan untuk kategori Indonesia Custome E-Motor Expo & Championship. Seperti namanya, ini adalah bagian kompetisi modifikasi motor elektrik pada event tersebut.

Katalis EV.500 sendiri dibuat dari sebuah sepeda listrik, Selis Garuda. Emang sih, hal tersebut membuat motor ini jadi bukan benar-benar sebuah motor. Tapi melihat fungsi dan mekanismenya yang mirip, karya satu ini juga bisa dikategorikan sebagai sebuah modifikasi motor listrik.



Mengubah sebuah sepeda listrik jadi punya tampilan motor yang keren kayak gini bukan perkara mudah. Namun, Julian Palapa sebagai Principal Designer Katalis Company berhasil membuat sesuatu yang unik. Dirinya bersama Katalis membuat sesuatu yang menurutnya terinspirasi dari sebuah pesawat tempur di masa Perang Dunia II. Emang sih Bro, lo bisa melihat kesan “vintage military look” dari panel aluminium yang digunakan pada motor ini.

Dirinya mendesain motor ini dengan plat alumunium dengan bentuk melengkung di sepanjang rangka. Banyak panel instrumen retro pada motor ini seperti panel voltmeter analog yang dibuat memiliki fungsi sendiri pada motor ini.



Katalis Company rencananya bakal memproduksi motor satu ini secara terbatas. Katalis EV.500 yang punya daya 500W bakal punya “adik” dengan daya 1000W sebagai opsi dalam produksi terbatas Katalis Company nantinya.

Dengan jarak tempuh yang diklaim mampu mencapai 35km, kayaknya cocok nih Bro buat lo pakai bolak balik dari rumah ke tempat kerja atau untuk kegiatan dengan jarak dekat kalau pandemi corona udah beres dan semua kegiatan kembali normal seperti biasanya.