Konsep Steampunk Royal Enfield dari Master Of Metal

LAZONE.ID - Pengerjaannya yang sangat rapi dan detail jadi daya tarik motor ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, cara orang memodifikasi motor berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Banyak yang mengandalkan computer modelling untuk memperkirakan bentuk model yang akan mereka bentuk. Itu hal yang bagus, karena dunia modifikasi ikut berkembang dengan zaman.

Namun, ada sebagian orang yang mempertahankan cara “tradisional” dalam membuat modifikasi yang mereka jalankan. Salah satunya adalah Jay D. Patel dari J&D Custom Co., sebuah bengkel modifikasi yang terletak di India. Jay terkenal sebagai Master Of Metal karena kemampuannya dalam menempa logam untuk part motor yang dia kerjakan.

Salah satu karya terbaru dari Jay adalah sebuah Royal Enfield Thunerbolt 350 yang mendapat sedikit vibes ala steampunk pada motornya. Selain dari roda dan semua kompartemen mesin, Jay menempa sendiri logam-logam yang ada untuk part yang dia gunakan.

Jay juga ingin menunjukkan jatidiri dari keahlian menempa nya dengan gak melapisi seluruh bagian yang dia buat dengan cat tambahan dan gak nutupin bagian-bagian yang ada.


Termasuk dengan “sendi-sendi” hasil pengelasan untuk menyambungkan setiap logam yang ada gak tertutupi oleh apapun. 

Kerennya, Jay mengaku gak bikin render atau sketsa dari model yang akan dia buat. Menurutnya, semua udah tergambarkan dari dalam kepalanya dan semuanya jadi satu gambar yang jelas ketika sudah digabungkan satu persatu.

Dari seluruh bagian yang dibuat pada motor ini, hanya bagian mesin, roda, dan sistem knalpot yang merupakan barang asli bawaan pabrik. Menurut Jay, semua part tersebut udah punya nilai estetis tersendiri baginya.

Gimana menurut lo, keren gak Bro?