KTM Duke Terinspirasi Pesawat Terbang

LAZONE.ID - Motor yang punya bentuk mirip pesawat era 30'an.


Seperempat abad yang lalu, KTM merilis motor jalanan pertama mereka, Duke. Supermoto berkekuatan 609cc yang ditakdirkan untuk menjadi kultur klasik.

Inkarnasi kontemporer saat ini adalah Duke 690 yang tangguh, motor satu-silinder paling kuat di dunia, menawarkan sekitar 70 tenaga kuda dari mesin 690cc yang disuntikkan bahan bakar.

Modifikasi Paul Ling dari Old Barnstormers Motorcycles, adalah salah satu terobosan. Kakeknya berkompetisi di lintasan bukit dan tanah yang menjadi Brands Hatch yang legendaris. Sementara ayahnya mengubah 350 AJS pada 1950-an.



Kisah mereka memang tak jauh dari motor. Bahkan Paul sudah mulai membalap TZR250 bersama saudaranya pada 1991, menghabiskan 15 tahun di atas motor 2tak.

Baru-baru ini, Paul memutuskan untuk beristirahat dari kota besar London. Ia menemukan bengkel yang terletak di antara desa Kent di Hawkhurst dan Flimwell.

Paul bekerja selama 18 bulan, ia menciptakan motor mengejutkan 'The Hawkhurst Harrier'. Buntut bahkan knalpotnya seperti mobil muscle bermesin V12.

"Hawkhurst Harrier terinspirasi oleh penerbangan 20-an dan 30-an, khususnya pesawat dari Schneider Trophy Races," katanya.



Dari tahun 1913 hingga 1931, Schneider Trophy dianugerahkan kepada pemenang lomba penerbangan. Itu adalah salah satu tontonan penerbangan terkemuka di dunia, menarik lebih dari 200.000 penonton, dan kemajuan dalam desain penerbangan sipil, bahkan jadi acuan bikin pesawat tempur Perang Dunia II.

Paul memilih KTM 690 Duke 2015 sebagai platform untuk modifikasi yang terinspirasi oleh penerbangan ini. "Jantung dari motornya, mesinnya, benar-benar lucu," tuturnya.