Legenda Kawasaki Ini Disulap Jadi Cafe Racer Futuristik

LAZONE.ID - Keren banget Bro

Bayangkan ini tahun 1986 dan lo menyaksikan Tom Cruise berperan sebagai Maverick di film Top Gun. Maverick yang seorang angkatan udara menerbangkan pesawat tempur F-14 di siang hari dan menaklukan jalanan dengan Kawasaki GPZ900R pada malam hari. Motor kawasaki itu adalah motor impian buat semua pecinta motor supersport pada pertengahan dekade 80an.

Ternyata bukan cuma GPZ900R yang jadi andalan Kawasaki pada dekade tersebut. Ada juga GPZ1100 yang bisa dibilang kakak dari sang legenda supersport. Motor ini punya mesin yang lebih besar dan body yang lebih bulky.

Michael Muller dari Federal Moto beruntung bisa mendapatkan GPZ1100 keluaran 1984 dalam keadaan cukup terawat. Lalu desain sebuah cafe racer futuristik langsung muncul dari dalam pikirannya.



Banyak banget yang harus dilakukan untuk mengubah monster bulky ini jadi sebuah cafe racer yang terlihat sedikit lebih ramping dan aerodinamis. Hal yang pertama mereka lakukan tentunya adalah dengan melepaskan seluruh bodywork bawaan pabrik yang masih melekat. Bukan cuma desain futuristik, pengerjaan motor ini juga dilakukan dengan cara yang futuristik.

Federal Moto ingin mengembalikan performa mesin motor ini seperti saat pertama keluar dari pabrik. Sehingga dirinya merestorasi mesin dengan menggunakan part original, ditambah sedikit upgrade menggunakan satu set berisi 4 karburator Mikuni. 

Untuk pengerjaan bodywork, Federal Moto memanfaatkan teknologi 3D printing untuk mendapatkan hasil yang presisi. Kecuali untuk bagian tangki bensin. Mereka menggunakan sebuah tangki bensin dari Honda CB1100, memberikan lekukan yang lebih aerodinamis di bagian atas. Pada bagian  panel belakang, mereka menerapkan desain khusus dan memotongnya menggunakan water jet cutter.



Lalu, seluruh bagian front end motor ini adalah hasil transplantasi menggunakan fork Suzuki GSX1300R. Untuk melengkapinya, Federal Moto pun menggunakan sepasang roda berukuran 18 inch. Ini membuat motornya lebih seimbang dengan posisi riding khas sebuah cafe racer.

Motor ini kayaknya bakal jadi motor impian buat para penggemar motor supersport keluaran pabrikan Jepang tersebut. Mengubah total tampilan jadul GPZ1100 jadi sesuatu yang lebih segar dan modern.