Menyulap Motor Vintage Untuk Speed Racing

LAZONE.ID - Motor ini diciptakan untuk memecahkan rekor

Ada sebuah balapan unik di Amerika Serikat bernama land speed racing. Gak seperti balapan biasanya, ajang ini cuma diikuti satu pembalap di setiap sesi. Soalnya, tujuan dari land speed racing adalah untuk memecahkan rekor kecepatan yang ada. Jadi bisa dibilang gak begitu banyak yang berpartisipasi dalam balapan yang biasa diadakan di Bonneville Salt Flat di Amerika Serikat ini.

Alp Racing yang juga berasal dari Amerika Serikat pun mencoba menghidupkan salah satu motor legendaris yang juga pernah terlibat dalam ajang tersebut. Mereka membuat sebuah motor land speed racing menggunakan sebuah Vincent Rapide Series C yang rilis tahun 1948 lalu. 

Mereka membuat sebuah motor yang didesain khusus untuk mendapatkan angka kecepatan setinggi mungkin ketika dipacu di sebuah permukaan yang datar.


Hasil akhirnya bisa dibilang mirip dengan sebuah drag bike, tapi punya bentuk yang sedikit lebih ekstrim. Untuk bisa mendapatkan kecepatan yang diinginkan, Alp Racing memangkas beban-beban yang dirasa tidak perlu dari body yang ada. Bahkan frame berbentuk tabung yang sebelumnya melintang pun dihilangkan dan diganti oleh komponen yang lain.

Mereka menggunakan kelas mesin 1000cc ‘A-VF’ dan didesain naked tanpa bodywork.

Namun dalam proyeknya kali ini, Alp Racing menolak modifikasi mereka disebut sebagai motor custom atau motor untuk pertunjukan. Mereka berkata bahwa motor ini adalah sebuah motor experimental.


Alp Racing juga menggunakan mesin Vincent Rapide yang rilis tahun 1948 dengan nomor seri #666.

Kerennya nih Bro, Alp Racing menambahkan sistem nitro untuk membuat motor ini bisa digeber lebih cepat. Sungguh perpaduan yang gak biasa karena mereka menggabungkan sistem mesin retro dengan pembakar nitro.

Hasilnya lumayan, Alp Racing berhasil menembus kecepatan 182 mil/jam atau sekitar 292 km/jam dengan motor satu ini.