Perhelatan otomotif paling akbar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 resmi digelar 11-21 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE). Tidak hanya istimewa dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, ajang ini juga menjadi tempat mobil konsep pertama yang diperkenalkan di dunia.

Jika tahun lalu Honda memperkenalkan Honda BR-V pertama kali di dunia, sekarang giliran Mitsubishi yang memperkenalkan mobil konsep MPV pertama di dunia, XM Concept.

Sebagai catatan kecil, mobil konsep ini sudah bisa dipastikan akan mulai masuk ke pasar Indonesia tahun depan. Dengan mengusung tampilan Small Crossover MPV Concept jelas menjadi ancaman maut buat pabrikan otomotif lainnya, yang sebelumnya sudah bermain cukup lama di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Nissan, dan pabrikan lainnya.

Karena mobil konsep ini memang didesain, untuk keluarga besar dengan memadukan fungsionalitas dan desain dari sebuah SUV.

 


Kozo Shiraji, Executive Vice President Overseas Operation Mitsubishi Motors Corporation, mengatakan XM Concept ini, memadukan keunggulan sebuah SUV dengan porsi MPV. mengapa demikian, karena pabrikan asal Jepang ini memang cukup handal dalam melahirkan SUV.

"Dengan kekuatan melahirkan SUV terbaik kami menciptakan segmen yang paling seksi di Indonesia, small MPV. Kami menyebut kendaraan ini: Small Crossover MPV," ucap Kozo Shiraji.

Pecinta MPV di Indonesia wajib menunggu kehadirannya di Indonesia. Karena mobil konsep Mitsubishi ini akan diproduksi di Indonesia Oktober 2017. Bahkan dikatakan kehadiran dirinya akan ikut dinikmati oleh berbagai negara di ASEAN.

Mitsubishi membocorkan tipe ini akan menggendong mesin bensin 1.500 cc yang siap menjadi pesaing dari Small MPV yang ada di Indonesia saat ini.