Modifikasi Honda CB750 Paling Keren

LAZONE.ID - Ada yang menyebutnya sebagai superbike pertama di dunia, sampai motor yang punya sihir.

Honda CB750 memang seperti punya sihir bagi para builder. Motor ini masih menjadi idaman mereka dengan kinerja mesin tak tertandingi pada masanya dan tentu saja, ini motor yang legendaris.

Ini merupakan motor pertama yang memecahkan 200 kph (124 mph). Banyak yang menyebutnya sebagai superbike pertama yang lahir di dunia.

Gara-gara keunggulannya itu, motor tersebut pun menjadi sangat sulit ditemukan. Mungkin ada yang menjual, tapi harga yang ditawarkan terkadang lebih mahal dari kondisi motornya sendiri.

Berikut lima modifikasi Honda CB750 yang keren:

1. Brandon Wurtz



Terlihat sangat mencolok dengan cat warna kuning. Honda CB750 karya Brandon Wurtz itu sampai dibilang‎ berlapis emas 24 karat.

Itu merupakan karya pertama Brandon‎ sebagai seorang profesional. Di luar negeri sana, menjadi seorang builder memang perlu 'sekolah'.

Meski bukan pendidikan formal, akan tetapi seorang calon modifikator harus melewati setidaknya beberapa tahun di tingkat high-end automotive restoration. Brandon bahkan menghabiskan enam tahun untuk sampai ke tingkat sekarang.

Yang paling penting sebenarnya adalah pengakuan. Brandon memang baru saat ini berani go public dengan karya emasnya itu. Ia lantas membuka rumah modifikator bernama Rawhide.

2. Auto Fabrica



Bicara soal Cafe Racer tentu saja Honda CB750 begitu punya daya tarik. Bahkan bisa dibilang varian CB merupakan Cafe Racer sejati.

Tak banyak ubahan yang dilakukan demi mendapatkan motor yang keren. Hanya beberapa part saja yang diperbaharui termasuk buntut ramping mengikuti tangki bahan bakar yang lebih ramping.

Auto Fabrica memiliki desain yang sempurna dengan model vintage. Sebagian besar bodi juga terlihat kaku khas motor Cafe Racer Honda era 70'an.

3. Mighty Motorcycles

 



Honda CB750 memang punya mesin yang prima. Di balik itu juga ada rangka yang memeluknya dengan kokoh.

Mungkin itu alasan utama para modifikator membangun Cafe Racer dari varian CB. Seperti salah satunya Mighty Motorcycles.

Sebuah Cafe Racer memang harus mempunyai bodi yang kecil dengan mempreteli banyak bagian motor. Rumah modifikasi itu pun terinspirasi dengan motor tahun 60'an.

4. Deep Creek Cycle Work

 


Di beberapa negara bagian Eropa Barat seperti Prancis, Belgia dan Swiss pernah terkenal sebuah balapan sampai 24 jam penuh. Acara itu pun masih berada di hati para pembalap Belgia karena pernah meraih sukses sejak 1927.

Semangat itu juga yang diambil oleh Deep Creek Cycle Work. Mereka tak hanya membangun motor, tapi juga mengambil kecintaan terhadap balapan seri klasik ketahanan motor itu.

Seperti cara mereka membangun Honda CB750 yang diberi nama Bol Dor itu. Mereka membeli motor tersebut dengan sebuah penyesalan. Sebab, mereka mengira motor itu memiliki mesin berkapasitas 900cc.

5. Wrenchmonkees

 



Beberapa tahun lalu, motor ini membuat dunia custom cukup terbelalak. Motor yang dibuat builder asal Denmark tersebut memang mengingatkan kita pada era pasca perang.

Dengan mesin besar yang digendongnya, frame juga terlihat kekar. Ada banyak bagian custom juga pada bodywork. Kemudian bagian swingarm diperpanjang dengan sistem pengereman baru.

Motor ini pernah dipajang di Kunst Industri Museet, Danish Museum of Art & Design hingga ke Dubai.