Modifikasi Kawasaki Legendaris Jadi Lebih Garang

LAZONE.ID - Dirombak jadi lebih keren dari aslinya.

Tahun ‘70-an jadi era yang gila buat dunia otomotif, terutama sepeda motor. Pada era dekade ini, perkembangan teknologi mesin melesat dan berkembang begitu pesat walaupun tidak diimbangi dengan perkembangan sasis dan sistem pengereman yang baik.

Salah satu motor legendaris keluaran ‘70-an adalah Kawasaki KZ1000. Kawasaki yang dikenal juga dengan nama Z1000 ini pertama rilis pada tahun 1976.

 

Sebuah bengkel modifikasi asal Amerika Serikat, Nova Motorcycles melakukan sebuah modifikasi yang keren terahadap motor legendaris ini. Ketika KZ1000 donor datang ke garasi mereka, motor itu mengeluarkan suara yang aneh karena bagian shift fork-nya sudah usang.

Peter Chilton dari bengkel tersebut terpikirkan untuk membangun semuanya dari awal.  Perombakan tersebut termasuk dengan mesinnya. Mereka memasangkan piston bertekanan tinggi dan memperbaiki gearbox-nya. 

“Konsepnya adalah untuk membuat Kawasaki KZ1000 yang lebih brutal dan agresif,” ujar Peter.

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah memasang swingarm dari Kawasaki ZX6 2004. Bagian front end juga diubah agar bisa menjalankan fork dari ZX646R 2005. Hal tersebut untuk menaikkan daya kendali dan sistem pengereman yang lebih baik.

Motor yang dinamai Daredevle ini juga menerapkan sistem knalpot 4 to 1 yang berpadu dengan rangka yang kokoh di atasnya.

Hasilnya? Motor yang biasa jadi motor polisi ini jadi sebuah moge klasik yang garang dengan warna hitam dan aksen warna oranye yang berani. Menurut Peter, mesin KZ1000 ini sering dibandingkan dengan sebuah lokomotif karena tenaganya yang besar dan terus bertambah di RPM tinggi.

Wah kebayang nih Bro kalau lo punya kesempatan buat memacu motor ini di jalanan, keren abis!