Modifikasi Keren Dengan Konsep Sci-fi Era 50'an

LAZONE.ID - Motor yang digarap oleh builder Jepang yang tak berlebihan.

Custom Works Zon punya reputasi keren di negara asal mereka di Jepang. Enam bulan lalu, BMW mendorong Zon ke pusat perhatian ketika mereka mengungkapkan kolaborasi R18 'Departed' di acara Mooneyes.

Ini modifikasi yang ekstrem, tetapi menurut standar Zon, ini cukup praktis. Di Jepang, builder Yuichi Yoshizawa dan Yoshikazu Ueda dikenal karena motor modifikasi yang berlebihan. Kali ini, Yuichi dan Yoshikazu telah sedikit memperhalus karyanya.

“Kami ingin membuat motor yang memenuhi kinerja dasar, seperti berputar dan berhenti, sambil tetap menyenangkan untuk dikendarai,” kata Yuichi.

Zon mempertimbangkan untuk menggunakan motor Jepang sebagai bahan, tetapi memutuskan untuk tetap menggunakan mesin Harley-Davidson.

"Jika kalian berbicara tentang mesin sporty dengan respons yang baik, hanya ada Buell," katanya.



Yuichi dan Yoshikazu telah membangun kerangka teralis dari awal. Mereka terinspirasi saat memodifikasi Ducati Monster pada tahun 2015. Mereka juga mengambil kesempatan untuk berkarya sebebas mungkin dengan bodywork.

"Saya ingin sasis yang kecil dan ringan, dan dengan kelincahan yang baik. Tujuannya tercapai, meski itu bukan sasis yang harus terlihat pada motor modifikasi. Saya hanya mengejar fungsinya," kata Yuichi.

Membuat bingkai baru yang lengkap cukup sulit, tetapi Zon telah melangkah lebih jauh dengan memasang ujung depan tipe pegas yang terselubung. Pengaturan springer juga desain mereka sendiri.



Zon juga membuat swingarm satu sisi, yang dikonfigurasikan untuk pengaturan suspensi monoshock.

Roda depan dipasang ukuran 18 inci dengan Performance Machine yang memasok bagian velg. Zon memasang ban Michelin Scorcher untuk membungkus velg itu.

Yuichi mengakui bahwa bagian tersulit dari modifikasi itu adalah bodywork aluminium. Ini adalah karya besar yang dibuat dari logam, dengan ujung depan yang tertutup sepenuhnya, dan getaran sci-fi tahun 1950-an - mengingatkan kita pada karya seniman seperti Frank Kelly Freas.