Modifikasi Ringan Triumph T140 Yang Bisa Jadi Contekan

LAZONE.ID - Garis retro memang sudah ada dari motor itu lahir, tapi ada kesan modern yang kini memancar.

Dalam teori, punya motor tua brit adalah ide yang bagus. Pada kenyataannya tangan lo bakal lebih akrab dengan spanner whitworth daripada cengkraman throttle.

Kita bisa keluar membeli motor retro modern. Tapi kalau lo mau mesin dengan pesona old school dan keandalan modern, restomod adalah opsi yang valid.

Modifikasi Ringan Triumph T140 Yang Bisa Jadi Contekan

Pemilik Triumph ini adalah seorang pembalap yang memilih untuk pergi ke rute restomod dan ia memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang diinginkannya. Hanya satu jam setelah membeli T140, ia pergi ke Angry Lane di Hong Kong yang dijalankan oleh Guillaume Barras, penyelenggara Distinguished Gentleman's Ride.

"Klien saya tidak ingin mengubah motor secara radikal. Dia hanya ingin itu dipulihkan, dan dibuat lebih rapi dan lebih ringan. Itu harus lebih dapat diandalkan, dan mulai pada tendangan pertama,” ungkapnya.

Tepatnya, Triumph adalah 1977 Bonneville T140 RV. RV adalah versi ekspor dari lima kecepatan ‘V,’ dengan modifikasi mesin yang sesuai dengan pasar AS.

Modifikasi Ringan Triumph T140 Yang Bisa Jadi Contekan

Guillaume menggambarkan motor ini sebagai 'hampir baru', dan dia tidak melebih-lebihkan. Mesin dilucuti untuk dibangun kembali lengkap dengan silinder dan piston baru.

Yang paling membuat frustrasi adalah mencegah kebocoran dari tabung pushrod, masalah yang akan akrab bagi banyak pemilik T140. Ada knalpot khusus 2-ke-1 buatan tangan oleh Paul Bryant.

Tabung garpu asli - tetapi segala sesuatu di dalamnya baru. Di belakang, ada sepasang suspenso Öhlins, yang dipasok oleh Mecadata spesialis Prancis dan dikonfigurasi agar sesuai dengan berat pengendara.

Gimana hasil modifikasinya? Bisa dijadikan bahan inspirasi kan?