Modifikasi Suzuki dengan Nuansa Tokyo Era 80an

LAZONE.ID - Klasik banget nih Bro.

Banyak dari para enthusiast yang mengagumi hasil modifikasi yang elegan. Tapi bukan berarti, sebuah motor sport yang dirombak habis-habisan gak punya tempat di hari. Suzuki GSX-R atau yang akrab juga dengan sebutan Gixxer ini adalah salah satu yang menarik perhatian.

Seperti hasil karya Michael Szozda dari Cool Kid Custom yang berada di Amsterdam, Belanda ini. Dirinya mengubah sebuah Suzuki GSX-R750 tahun 1985 jadi sebuah motor sport dengan nuansa kota Tokyo era 80an. Michael bahkan mempertahankan identitas fairing yang jadi ciri khas motor ini. Dirinya cuma ngasih sedikit rombakan namun dengan nada desain yang sama.

Motor tersebut berawal dari sebuah Gixxer yang dibeli dalam keadaan tidak bisa melaju. Lalu Michael memperbaiki motor tersebut alakadarnya supaya bisa kembali berjalan di atas aspal. Ide brilian baru muncul beberapa tahun kemudian ketika mesin motor ini kembali rusak.


Jadi, hal pertama yang diganti oleh Michael pada Gixxer miliknya adalah mesin. Dirinya membeli sebuah mesin Gixxer dari seri yang sama namun rilisan tahun 1989. Beruntung buatnya ternyata mesin tersebut bisa berjalan dengan feel seperti mesin baru. Mesin ‘baru’ ini dapat sedikit upgrade. Michael mengganti karburator 29mm bawaan pabrik dengan unit baru Mikuni BST 36. Dari sinilah ide untuk merombak motor ini muncul.

Mesin tersebut terhubung dengan knalpot Motad Nexxus sebagai sistem pembuangannya. Knalpot ini diberi muffler baru untuk sedikit mengubah tampilannya.

Michael pun harus menyesuaikan subframe supaya bisa pas dengan konsep bodywork yang udah dirancang. Kesan tahun 80an terasa kental dari tampilan body yang terpasang.

Posisi riding motor ini juga diubah supaya lebih nyaman dibandingkan posisi riding sporty yang dibawa GSX R750. Michael memasang handlebar yang lebih tinggi dari ProTaper. Bagian depan juga banyak mendapat perubahan, Michael memasangkan forks, six-pot Tokico calipers dan roda dari sebuah GSX-R750 SRAD (Suzuki Ram Air Direct) rilisan tahun 2000. Bisa dibilang, Michael menjaga identitas Gixxer di sini dengan menggunakan berbagai part dari Gixxer lain yang punya usia lebih muda.


Finishing merah yang mencolok dipadukan dengan warna kuning dan hitam sendiri adalah inspirasi dari sebuah anime Jepang yang dirilis tahun 1988 lalu, Akira. Anime tersebut emang memperlihatkan para pembalap motor dengan bentuk yang futuristik pada masanya.