Moto Guzzi SP 1000 Scrambler Dari Pompeii

LAZONE.ID - Scrambler Moto Guzzi SP 1000 ini dibuat untuk mengenang lava dan sejarah Pompeii.

Gunung Vesuvius menjadi saksi bisu cerita panjang mengenai sejarah manusia di Romawi Kuno. Gunung itu juga bertanggung jawab atas kematian ribuan penduduk Pompeii.

Lava dan batu-batu besar menyembur ke arah kota itu ketika semua penduduk tengah tertidur. Banyak cerita rakyat yang menyebut kota tersebut terkena azab.

Tapi di zaman modern itu ternyata sudah berubah, meski sejarah masih terus menempel pada setiap individu. Naples muncul menjadi kota baru yang sudah diampuni atas kejahatan masa lalunya.

Hampir 3 juta warga Naples saat ini tinggal di kaki gunung tersebut. Mereka terlihat sangat nyaman bersama fakta bahwa kota yang mereka tinggali merupakan wailayah vulkanik yang paling padat penduduk di dunia.

Di antara warna-warni tempat tinggal mereka, ada sebuah builder motor yang ternyata sangat terinspirasi sejarah di atas. Officine Rossopuro membangun sebuah Moto Guzzi SP1000 yang diberi nama MagmaMille.

"MagmaMille atau Magma Seribu, seperti dalam kapasitas 1000cc Guzzi adalah seperti lava yang mengalir di Gunung Vesuvius. Hanya beberapa langkah dari kota indah Naples, warna motor mengingatkan kita pada merah api, abu-abu jelaga dan hitam batu dingin Vesuvius," kata Filippo Barbacane.

Tujuan utamanya adalah untuk meringankan beban motor seringan mungkin. Ia mengubah beberapa bentuk frame hanya dengan menempatkan sebuah frame terstruktur.

Ubahan terbesar ada pada swingarm, bandingkan saja dengan lengan ayun motor pada umumnya. Dari bentuk hingga bahan tentu sangat berbeda.

Mereka memakai velg ukuran 17 inchi pada bagian belakang dan 18 inchi di depan. Pengereman Brembo dengan disc 320mm dipasang pada bagian depan dan belakang memakai 240mm