Motor Kontes Modenas Bergaya Bosozoku

LAZONE.ID - Modifikasi motor untuk sebuah kontes penuh tekanan.

MotoNation merupakan kompetisi yang diselenggarakan Modenas. Belum pernah mendengar tentang Modenas? Ini adalah merek motor asal Malaysia, dan mereka memasok model V15 mereka sebagai donor.

V15 pada dasarnya adalah Bajaj V15, motor komuter satu silinder berkapasitas 149 cc yang diilhami gaya klasik.

Hanya tiga builder yang dipilih untuk bersaing. Salah satunya, FNG Works milik Irwan Cheng. Ketika Modenas bertanya gaya motor apa yang akan buat, Irwann hanya menjawab cafe racer.

Setiap tim diberikan RM10.000 untuk dikerjakan. Irwann hanya memiliki waktu 26 hari untuk dikirimkan, dan jika ia melewatkan tenggat waktu, ia harus mengembalikan uang itu.

Motor Kontes Modenas Bergaya Bosozoku

“Saya memiliki gambar motor yang selalu ingin saya buat, tetapi tidak pernah melakukannya,” kata Irwann, “karena tidak ada klien yang memberi saya kebebasan untuk melakukan 100 persen apa yang saya inginkan.”

Irwann menggambarkan Modenas-nya sebagai campuran dari Honda Dax, BMX dan chopper, dengan sedikit 'gaya hidup urban' dan gaya bosozoku Jepang.

Dengan beberapa sketsa digital — dalam MS Paint dasar, bukan Photoshop atau CAD — Irwann mengubah visinya agar sesuai dengan kerangka V15. Dia tahu dia tidak bisa memotong bingkai, tetapi tidak ada yang mengatakan dia tidak bisa mengelasnya.

Motor Kontes Modenas Bergaya Bosozoku

Jadi dia menambahkan beberapa batang di bagian belakang — membuat rak bagasi dan memendekkan motor secara visual.

Untuk bodywork, Irwann ingin membangun struktur monocoque baru dari awal, meskipun ia tidak pernah membangun tangki bahan bakar sebesar ini. Desainnya menggabungkan tangki bahan bakar kecil dengan panci dan penutup samping, serta menggunakan tutup bahan bakar bawaan pabrikan.