Beberapa bulan setelah Zero Motorcycles pamer model SR / F terbarunya. Pabrikan motor California telah meluncurkan Zero XP, sebuah custom build dari Hugo Eccles.

Tahun lalu, ketika SR / F sedang dalam tahap akhir pengembangan, Zero memberi Hugo akses eksklusif ke prototipe pra-produksi hingga ke tim ahli teknik dan elektronik mereka.

“Kami telah menjadi penggemar karya Hugo sejak kami melihat Hyper Scrambler-nya. Kami merasa SR / F sangat cocok untuk pendekatan desain Hugo,” kata Wakil Presiden Pengembangan Produk Zero, Brian Wismann.



Bagi Hugo, yang dilatih di Royal College of Art di London dan telah mengerjakan mobil konsep untuk Ford, proyek SR / F adalah kesempatan untuk memikirkan kembali bahasa desain sepeda motor.

"Ketika Anda berurusan dengan mesin pembakaran internal, Anda memiliki kendala fisik," katanya.

"Tangki bahan bakar harus duduk di atas motor untuk memberi gravitasi karbulator, diposisikan jauh dari aliran udara turbulen, knalpot diarahkan untuk menghindari memanaskan bahan bakar atau pengendara, dan sebagainya."

Tapi aturan itu tidak berlaku untuk motor listrik. Kebebasan itu juga memberinya kesempatan luar biasa bagi seorang desainer. Jika hal-hal seperti tangki bahan bakar, knalpot, karbulator, dan kopling tidak lagi diperlukan, lalu apa?

Hugo telah memodifikasi frame Zero dan suspensi Showa yang ringan, dan memasang layar LED Mini Motoscope Motogadget di bagian dashboard. Motogadget juga memasok kunci kontak yang terintegrasi ke dalam tangki.

“Tujuannya adalah untuk merayakan pengalaman berkendara yang unik dengan estetika dan fungsi yang baru. Jika Zero XP terlihat futuristik, itu karena motor listrik seperti SR / F adalah masa depan," tukasnya.