Drag race mungkin bisa dibilang merupakan salah satu balapan dengan format yang paling sederhana. Dua rider biasanya akan beradu cepat di lintasan lurus dengan jarak tertentu untuk menentukan siapa pemenangnya.

Meski kedengarannya sederhana, drag race tentu punya gaya sendiri pada motor-motor yang terlibat di dalamnya.  Gak jarang tunggangan yang dimodifikasi untuk keperluan balap ini juga menarik perhatian para enthusiast.

Salah satu contohnya adalah drag bike karya dari Brice Augry dari AG Custom Motorcycles. Motor yang lo lihat di atas adalah sebuah perpaduan antara Kawasaki Eliminator 125 cc yang ditenagai oleh mesin motor trail GasGas EC300 berkapasitas 300 cc.

Drag bike satu ini terlibat dalam ajang balap The Punk’s Peak Race di Spanyol.


Brice sengaja memilih body dari Kawasaki Eliminator karena posisi riding-nya yang rendah. Wujud Kawasaki Eliminator yang punya tampang mirip sebuah motor cruiser pun mendapatkan penyesuaian untuk mendapatkan postur sebuah drag bike yang pas.

Hampir seluruh aspek dari motor ini diubah. Menurut Brice, tinggal 15% saja elemen Kawasaki Eliminator yang tersisa di dalamnya, termasuk chassis yang punya posisi riding rendah.

Sebagai motor trail, GasGas EC300 punya mesin yang cukup powerfull dengan output tenaga sekitar 50hp. Namun tentunya untuk keperluan ini, Brice melakukan upgrade performa pada mesinnya dengan menambahkan cylinder head berkompresi tinggi, komponen elektronik dari Boyesen, karburator Keihin 38, dan knalpot Pro Circuit.


Jok yang digunakan oleh Brice adalah milik motor Yamaha XV900 Bolt, dipadukan dengan tangki bensin milik Peugeot BB 030. Brice juga menggunakan rem Brembo dengan 4 kaliper piston. Serta roda motor berjuluk ‘4 Stroke Hunter’ ini dibalut oleh ban Bridgestone.

Meski awalnya motor ini adalah sebuah cruiser Kawasaki berbadan dan bermesin mungil, Brice berhasil mengubahnya jadi sebuah drag bike bertenaga besar yang mampu bersaing di ajang balapan resmi.