Banyak gearheads ingat James Bond ketika mendengar nama Aston Martin. Tapi bukan soal mobil, kali ini pabrikan Inggris itu bermitra dengan Brough Superior bikin motor edisi terbatas.

Ini adalah pertama kalinya Aston Martin mengembangkan motor. Namanya juga pabrikan berkelas, jadi mereka berusaha keras bikin salah satu motor paling unik dan ikonik di dunia.

Terbatas hanya 100 unit, motor canggih ini disebut keajaiban teknik. Ini faktanya:

Baca Juga: 5 Motor Gede Terbaik Buat Pemula

1. Motor Mewah

Foto : istimewa

AMB 001 adalah interpretasi yang unik dan modern tentang bagaimana sebuah motor mewah. Motor ini mendefinisikan kemewahan Rolls-Royce atau Bentley.

Motor ini juga tidak akan diproduksi secara massal, karena Aston Martin baru bakal menggarap setelah ada pesanan. Wow!

2. Powertrain

Foto : istimewa

Meskipun lo mungkin terbiasa dengan V8 menderu dari Aston Martin, AMB 001 tidak mengecewakan. AMB 001 hadir dengan mesin empat langkah V-twin 997c yang dapat menghasilkan hingga 180 hp.

Powertrain juga dikendalikan dengan gearbox 6-percepatan dan kopling multi-pelat yang dapat digunakan melalui sistem hidrolik. Powertrain AMB 001 juga didukung oleh turbo elektronik. Desain yang dikembangkan selama beberapa tahun di Formula 1.

3. Sasis CNC

Foto : istimewa

Desain AMB 001 unik dan aerodinamis. Bodinya yang ramping dan juga banyak suku cadang dikerjakan dengan mesin CNC untuk menciptakan kecocokan yang unik dan spesial.

Seluruh tubuh AMB 001 beratnya hanya 396lbs. Ini sangat ringan dan membuat motor ini mudah ditangani. Penghematan berat ini disebabkan oleh sejumlah keputusan teknis, seperti penggunaan balok aluminium dan serat karbon padat untuk sebagian besar bodywork.

4. Desain Unik

Foto : istimewa

Desain AMB 001 benar-benar unik. Banyak motor edisi terbatas lainnya mungkin telah mencoba interpretasi modern dari bahasa desain, AMB 001 sejauh ini adalah yang paling mengesankan.

AMB 001 memperhitungkan aerodinamis. Ini membantu menciptakan tampilan yang ramping dan dinamis sekaligus memberikan kinerja yang diperlukan.