Bikin sebuah motor cafe racer vintage pake motor yang gak kalah vintage juga udah bukan hal aneh. Rata-rata para eksekutor modifikasi dan pemilik workshop serta bengkel menggunakan motor dari era 70-80an, era dimana ketika minat terhadap kendaraan roda dua ini sedang tinggi-tingginya.

Ditambah, banyak juga motor bekas dari era itu yang biasanya terbengkalai atau butuh upgrade supaya bisa berjalan seperti sedia kala.

Tapi Tim Kill dari Melbourne, Australia membangun sebuah cafe racer vintage dari motor era perang dunia. Motor tersebut adalah Harley Davidson WLA yang rilis tahun 1940an.

Pria tersebut mengubah sebuah motor perang yang terkesan bulky jadi motor berpenampilan sporty dengan tambahan sedikit kesan seni.


Motor jadul dengan tampilan yang baru artinya butuh banyak banget perubahan di luar dan dalam. Setelah ‘menelanjangi’ motor ini, Tim menggunakan sebuah tangki bensin dari Harley Davidson WR untuk menggantikan tangki bensin yang ada. Namun supaya cocok dengan pengerjaan lainnya, tangki bensin ini perlu dibentuk ulang hingga mengatur jalur keluar bahan bakar yang baru.

Untungnya kerja ekstra tersebut membuahkan hasil karena tone modifikasi motor ini benar-benar berangkat dari tangki bensin yang udah terpasang.

Kerennya, Tim gak mengganti mesin Harley WLA dengan mesin motor yang lebih baru. Dirinya merestorasi mesin tersebut sehingga terasa lebih baru, dan motornya tetap terasa original seperti saat pertama dirilis.


Begitupun dengan frame motor vintage ini, kondisinya yang terawat bikin Tim gak perlu banyak mengubah frame tersebut. Dirinya cuma perlu menguatkan beberapa bagian supaya motor ini bisa digunakan untuk melaju pada kecepatan tinggi.

Setelah motornya selesai, ternyata Tim benar-benar mengikuti sebuah balapan dengan motor ini. Dirinya berpacu di Sellicks Beach Historic Motorcycle Races. Walaupun gak keluar sebagai juara, tapi motor tersebut punya performa yang melebihi ekspektasinya sejak awal.