Konsumsi bahan bakar masih menjadi topik hangat akhir-akhir ini berkat kenaikan harga bahan bakar. Motor pun bisa menjadi transportasi yang hemat biaya.

Tapi, menghemat bahan bakar dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor: gaya berkendara, kondisi jalan, beban, tekanan ban, dan sebagainya. Di bawah ini ada beberapa motor yang diklaim produsen paling irit.

1. Honda Grom


Foto : istimewa

Baca Juga: TVS Bikin Motor Scrambler Neo Retro

Motor mini ini melakukan pekerjaan yang fantastis dalam menyeruput tangki bahan bakar 1,6 galonnya. Honda mengklaim 166,5 mpg untuk Grom, tetapi hasil dunia nyata memang bervariasi.

Mini motos 125cc bertenaga satu silinder Honda lainnya seperti Trail 125, Monkey, dan Super Cub kemungkinan punya angka keiritan bahan bakar yang serupa. Ada juga Navi 109cc yang diklaim menghasilkan 110 mpg.

2. Yamaha TW200


Foto : istimewa

Lo nggak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengisi tangki. TW200 punya rata-rata konsumsi 78 mpg.

Yamaha punya motor adventure yang keren dan juga irit. Ban yang gemuk dan menonjol akan membantu menaklukkan jalan setapak sementara 196cc empat langkahnya diklaim sangat irit.

3. Suzuki GSX250R ABS


 

Foto : istimewa

Suzuki GSX-R street bike kecil untuk pemula. Suzuki mengklaim GSX250R menghasilkan sekitar 76 mpg.

Sportbike fairing ini membuat jarak tempuh yang mengesankan bagi pengendara baru. Ditambah juga modelnya yang sporty.

4. Honda CBR500R ABS


Foto : istimewa

471cc adalah mesin ramah yang terbukti dengan hasil uji keiritan yang luar biasa. CBR500R yang ramping adalah sportbike yang juga menghasilkan tenaga besar.

Tapi yang paling menonjol adalah daya hisap bensinnya mencapai 62 mpg. Irit banget dengan ukuran mesin besar.