Nih Mesin Boxer BMW Paling Gahar!

LAZONE.ID - Berbagai ubahan dilakukan untuk mendapatkan tenaga terbesar.

BMW sedang mengembangkan mesin Boxer terbesarnya. Detail seputar mesin baru itu memang langka. Mereka kini menampilkan tidak hanya satu tetapi dua konsep yang dibangun.

House of Munich berhasil menjaga rahasia spesifikasi pabrikan. Perusahaan itu akhirnya membuka dan berbagi rincian mesin baru.

Mesin Big Boxer itu pertama kali ditampilkan Desember 2018, ketika mesin 1.800 cc muncul di desain R18 yang disajikan di Yokohama Hot Rod Custom Show. Kemudian muncul lagi dalam motor bobber birdcage Revival Cycles. BMW akhirnya keluar dengan desainnya sendiri di bulan Mei, dijuluki Konsep R18.



Kita sekarang tahu bahwa model ini sedang menuju proses produksi dan akan diluncurkan sekitar tahun 2020. Namun, sampai sekarang, mesin itu masih menjadi misteri.

Perpindahan dan jumlah silinder adalah satu-satunya spesifikasi yang tersedia.

Pertama, untuk lebih spesifik, perpindahan mesin adalah 1.802cc, tidak dalam bentuk angka bulat. Kedua, silinder memiliki lubang 107mm dan piston aluminium, stroke 100mm. Blok itu sendiri berbobot 244,3 lb, termasuk transmisi dan sistem intake.

Katup kepala atas engine dengan set camshaft ganda diinspirasi oleh Boxers awal BMW seperti yang ditemukan pada 1936 R5. Untuk menghindari getaran berlebihan dari poros engkol yang disebabkan oleh volume besar silinder, bantalan tambahan ditambahkan di tengah poros. Keren abis!