Ninja 250 Empat Silinder Dirilis 2020?

LAZONE.ID - Ada rumor yang menyebutkan motor itu sudah diproduksi dan bakal dirilis tahun depan.


Laporan mengenai motor 250 cc yang baru dari Kawasaki telah ada selama beberapa bulan dan beberapa rumor terlalu gila untuk dipercaya. Tetapi ketika kita semakin dekat dengan pembukaan globalnya, banyak spekulasi tampak menjadi kenyataan.

Ada beberapa media yang melaporkan bahwa motor itu akan diproduksi di negara asal Kawasaki di Jepang oleh bagian dari Kawasaki Heavy Industries.

Selain itu, akan dijual di pasar Indonesia dan dibawa ke negara itu melalui saluran CKD untuk membawa harga yang kompetitif. Adapun harga, Kawasaki Ninja ZX-25R akan menelan biaya antara Rp 100 juta dan Rp 130 juta. Di Indonesia, Ninja 250 lama dibanderol hingga Rp 75 juta.

Motor empat silinder itu akan menggunakan garpu upside down seperti yang diharapkan. Lalu bagian belakang akan memiliki unit monoshock uni-track.



Namun, ini mengejutkan, karena ZX-6R dan model-model di atasnya sudah lama hadir dengan fitur itu. Motor itu akan memakai ban depan ukuran 100/110 dan 140 hingga 160 bagian belakang. Untuk membedakan dirinya dari Ninja 250 biasa, ia akan mengemas sejumlah alat bantu elektronik tetapi detail pastinya belum diketahui.

Berbeda dengan laporan sebelumnya, ZX-25R tidak akan menghasilkan tenaga maksimum 60 PS dari mesin empat silinder segaris seperti yang rumor akan diproduksi di antara 42 dan 46 PS untuk bertarung dengan Honda CBR250RR dan Yamaha YZF- R25.

Jika itu ternyata benar, Kawasaki ZX-25R hanya beda sedikit dari Ninja 400.

Mesin putaran tinggi dikatakan mencapai hingga 19.000 rpm juga. Berdasarkan konstruksi kerangka tubular yang sama dengan Ninja H2, ZX-25R diharapkan akan jauh lebih ringan daripada pesaingnya.

ZX-25R akan lebih mungkin membuat penampilan perdananya di dunia pada Tokyo Motor Show 2019, bulan depan dan dapat memasuki pasar Asia Tenggara tertentu termasuk Indonesia pada awal tahun depan.