Perkenalkan Honda RC30 Motor Legenda

LAZONE.ID - Motor dengan kekuatan dan estetika khas era 80'an

Di zaman kemakmuran sponsor tembakau dan kejuaraan World Superbike adalah sebuah perpaduan yang sangat tepat. Mereka membangun seorang pemenang seperti yang dilakukan oleh Honda Racing Corporation.

Pada akhir tahun delapan puluhan, VFR750R lebih dikenal sebagai RC30, adalah impian bagi para insinyur dan desainer. Motor itu melahirkan istilah 'homologation special' dengan magnesium dan titanium.

Para insinyur Honda sudah tahu cara membuat motor V4 yang andal. Motor itu begitu ringan dan punnya tenaga yang menghasilkan mesin balap empat-tak terbaik.



Dari 3.000 RC30 yang diproduksi adalah buatan tangan di divisi balap Hamamatsu. Geometrinya tajam dan pendek dengan bingkai aluminium twin-spar.

Suspensi Showa menghiasi kedua ujungnya. Bagian depan dirancang untuk penggantian roda depan yang cepat khas balapan. Lengan ayun satu sisi dibuat untuk pertukaran roda belakang yang sama cepatnya.



Ini adalah motor yang memiliki semuanya, baik secara mekanik maupun estetis. Motor ini juga sangat eksotis. Motor ini diklaim menghasilkan torsi 118bhp dengan bobot kering terbaik di kelasnya yaitu 180kg.

RC30 segera terbukti menjadi motor yang tepat. Fred Merkel yang luar biasa berbakat mengambil gelar World Superbike perdana pada tahun 1988 dan mengulang prestasi pada tahun berikutnya.

Pembalap legendaris seperti Steve Hislop, Joey Dunlop, Phillip McCallen dan Nick Jefferies semuanya membawa kemenangan di Isle of Man dengan motor tersebut.