Restomod Motor Monster Suzuki

LAZONE.ID - Membangkitkan kembali dengan tambahan sedikit upgrade

Selalu ada hal menarik dari motor sport klasik. Mulai dari mesin yang terbilang canggih pada masanya, serta penampilan yang unik dan punya citarasa tersendiri. Meski penampilannya kelihatan jadul dan tentu ketinggalan zaman, banyak yang ingin mempertahankan penampilan tersebut untuk citarasa asli dari motor yang mereka kendarai.

Seperti yang dilakukan oleh ProtoWorks, terhadap Suzuki GS 1100 E. Motor ini pertama diperkenalkan pada tahun 1980 lalu dengan mengandalkan mesin berkapasitas 1.075 cc. Motor ini punya mesin yang buas pada masanya dengan tenaga 160 horsepower dan teknologi pendingin udara.

ProtoWorks membangkitkan kembali motor klasik ini dengan cara restomod, bahkan mereka membuatnya lebih baik lagi.


ProtoWorks mempertahankan bodywork klasik dan juga frame dari Suzuki GS 1000 E ini untuk mempertahankan identitasnya. Namun untuk memperbarui tampilan tersebut, mereka menerapkan skema warna yang diambil dari Suzuki GSX 1000 tahun 2020, sebuah perpaduan antara identitas klasik dan modern dari Suzuki.

Pada bagian depan, motor ini menggunakan berbagai part seperti forks dari Yamaha R1 tahun 2001. Selain itu swing arm yang menopang bagian belakangnya merupakan tiga part terpisah yang disatukan dan terbuat dari material aluminium.

Di bagian belakang juga terlihat fender yang menempel dengan bagian body dan sekaligus jadi tempat tersimpannya sebagian komponen elektronik. Mirip dengan swing arm, bagian fender ini juga terbuat dari material aluminium.


Sebelumnya disebutkan juga kan bahwa motor ini jadi ‘lebih baik’ setelah mendapat modifikasi. Nah, perubahan besar terjadi pada bagian mesin. Suzuki GS 1000 E yang awalnya punya kapasitas mesin 1.075 cc kini mendapat upgrade jadi 1.260 cc. Untuk upgrade tersebut juga mereka memasangkan plat & pegas kopling kelas berat dari Barnett dan juga karburator seri Mikuni RS 36mm.

Hasilnya, motor ini punya tampilan seperti pada masa jayanya namun diberikan sentuhan modern dengan paint job ala GSX 1000 tahun 2020. Namun di dalamnya, terdapat banyak perubahan dan juga peningkatan performa. Motornya jadi makin kenceng!