Restorasi Minarelli, Motor Balap Unik Bermesin 50cc

LAZONE.ID - Unik nih Bro, motor balap dengan mesin kecil

Apa yang lo bayangkan ketika membicarakan sebuah motor balap? Sebuah motor bermesin besar dengan tenaga super besar? Gak salah Bro, soalnya untuk mencapai kecepatan tertentu dibutuhkan daya mesin yang sangat besar. Tapi gimana jadinya kalau motor balap tersebut punya mesin yang super kecil kayak Minarelli GP 50 ini, Bro.

Sesuai namanya, Minarelli adalah sebuah motor balap 2 tak dengan mesin berkapasitas cuma 50cc, Bro! Minarelli adalah sebuah motor unik yang dirilis pada tahun 1975 lalu di Republik Ceko. Meskipun kedengarannya motor ini punya mesin yang kecil, Minarelli ternyata punya 6 percepatan, 16 horsepower, dan juga perputaran mesin 14.500 rpm.



Motor ini sendiri adalah salah satu bagian dari koleksi milik Cole Mahlowitz, seorang kolektor barang antik yang berasal dari Republik Ceko. Sayangnya restorasi ini sedikit menemukan kendala karena Minarelli sendiri adalah produk dari pabrikan motor CZ yang udah gak beroperasi sama sekali. Jadi Mahlowitz harus memutar otak untuk mengeksekusi motornya tersebut.

Tapi untungnya, Mahlowitz yang punya kemampuan dalam bidang 3D printing bisa mencetak sendiri beberapa part yang dirinya butuhkan. Terutama untuk bagian bodywork yang terlihat mencolok dan keren itu, Bro. Dalam mengerjakan bodywork tersebut Mahlowitz mendapatkan bantuan dari Krazy Kustoms. 



Namun seperti kebanyakan restorasi motor jadul, bagian tersulit tentunya adalah mengembalikan kondisi mesin seperti sedia kala. Selain Minarelli adalah motor yang langka, pabrikan yang memproduksi motor ini juga udah lama berhenti beroperasi sehingga part yang dibutuhkan harus menggabungkan part dari banyak motor bermesin kecil lainnya. Salah satu motor yang bagian dari mesinnya digunakan untuk restorasi ini adalah sebuah KTM 50, sebuah motor trail berukuran mini.



Saking sulitnya menemukan kombinasi part yang pas untuk motor ini, Mahlowitz butuh waktu sekitar satu tahun untuk merampungkan proses restorasi tersebut. Tapi hasilnya gak sia-sia, motor ini terlihat seperti sebuah moge yang siap melahap lintasan balap yang ada di hadapannya!

Mungkin pertanyaan lo sama gue gak beda jauh tentang motor ini Bro, seberapa kencang ya motor ini pada kecepatan maksimalnya?