Pertama kali dunia melihat BMW R Ninet tiga tahun lalu, sebagai motor modern yang punya gaya vintage. Ketika itu juga Roland Sands Design begitu tertarik mengerjakan motor tersebut.

Builder asal Amerika Serikat tersebut memperlakukan R Ninet tersebut secara berbeda. Mereka mengubahnya menjadi retro abis sebagai penghormatan kepada ikon R 90 S. RSD mengambil insporasi dari sejarah BMW.

"Ini dimulai sebagai dasar motor 1936 R5. Kami ingin menarik sisi klasik dengan garis indah dari mesin awal mula BMW. Mereka benar-benar punya tampilan keren," katanya.
 


Pekerjaan selanjutnya adalah membuat subframe langsing. Mereka juga membuat jok klasik single seater seperti pada BMW klasik lainnya.

RSD tak bekerja sendirian ternyata. Mereka bekerjasama dengan Cristian Sosa untuk membuat beberapa ubahan pada motor tersebut.

"Saya ingin membuat kerangka gila di sekitar fender. Kami juga telah berbicara dengan Cristian Sosa di Sosa Metal Works, karena dia mengkhususkan diri dalam jenis pekerjaan. Cristian adalah fabricator menakjubkan dan manusia yang solid, dan kami sangat sibuk, jadi itu waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang berbeda," kata Roland.
 


Sosa dipercaya untuk membangun frame dengan bentuk R5. Itu pun terbukti menjadi pekerjaan yang cukup menantang bagi mereka.

Satu-satunya masalah dalam motor tersebut adalah tangki bahan bakar. Ada yang menyebut tangki yang mereka pakai lebih besar. Tapi ketika mencoba dengan tangki yang lebih kecil, motor justru tidak tambah keren juga.