Scrambler Minimalis Triumph Bonneville

LAZONE.ID - Less is more!

Sesuatu yang sederhana namun mendapat eksekusi yang baik kadang gak kalah bagus, atau bahkan lebih baik daripada sesuatu yang berlebihan. Itulah kenapa ada ungkapan “less but better.”

Nah ungkapan tersebut kayaknya cocok untuk Triumph Bonneville satu ini Bro. Secara kasat mata, lo bisa melihat tampilannya cukup sederhana dengan bodywork yang minimalis dipadukan dengan beberapa elemen motor scrambler lainnya.

Motor yang lo lihat di atas adalah hasil eksekusi bengkel modifikasi Auto Fabrica. Less but better yang ditampilkan pada motor ini mengikuti prinsip dari desainer industrial ternama, Dieter Rams dalam membuat sesuatu yang terlihat gak mudah termakan oleh waktu.

Motor yang jadi donor kali ini adalah Bonneville rilisan tahun 1972.


Seluruh penutup body di bagian belakang dilepaskan dan frame yang ada disesuaikan untuk memberikan ruang kosong. Pengosongan bagian atas roda belakang ini bikin motor tersebut jadi kelihatan lebih ramping.

Handlebar yang terlihat rata dari kiri ke kanan ini dibentuk dari sebatang logam stainless 316 yang dibentuk sedemikian rupa secara manual yang dilengkapi grips dari Renthal. Di bawahnya terpasang sebuah headlight custom. Bagian depan ini juga dilengkapi sebuah speedometer mungil dari Motogadget.


Gak cuma bagian handlebar, sistem pembuangan motor ini juga dibentuk secara manual menggunakan logam stainless 316. Bentuknya melengkung mulus dari mesin ke bagian belakang, penampilan yang nyaris sempurna.

Sentuhan unik terlihat di bagian jok nih Bro. Kalau biasanya banyak yang menggunakan bahan kulit sapi atau kulit hewan lainnya sebagai pembungkus, bedadengan motor satu ini. Auto Fabrica menggunakan penutup jok berbahan suede, dengan logo mereka yang terbuat dari aluminium menempel di atasnya.


Selan itu, mereka juga menggunakan forks dari Yamaha SR500 dengan bagian dalam yang dapat disesuaikan dari Maxton. Suspensi Maxton juga jadi pilihan untuk mengganti twin suspension di bagian belakang.

Gimana Bro, sesuatu yang tampil simple bisa juga kelihatan keren kan?